Trend Baru Lantai Vinyl yang Mewah dengan Harga Terjangkau

Jika pada artikel sebelumnya, kita telah banyak membahas mengenai karpet dan parket kayu sebagai material lantai, terdapat pula material lain yang tidak kalah populer sebagai penutup lantai yaitu vinyl. Sebelum mengenal karakteristik material ini sebagai lantai interior, mari kita ketahui terlebih dahulu sejarah dan komposisi vinyl itu sendiri. Material ini telah populer sejak masa perang dunia kedua berakhir dan terus mengalami perkembangan dan eksplorasi material sepanjang tahun 1900.

Pada tahun 1947, lantai vinyl pertama diproduksi dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan Swedia dan terus mengalami produksi, perkembangan dan improvisasi di sepanjang Eropa dan Amerika Utara. Vinyl awalnya merupakan pilihan alternatif dari material linoleum. Linoleum juga adalah material buatan yang terdiri dari campuran serbuk kayu, resin, dan beberapa material kimia lainnya dengan permukaan yang dicetak sesuai tekstur, pola dan warna yang diinginkan. Vinyl hadir sebagai material lantai yang memiliki keunggulan daya tahan dan kekuatan. Vinyl itu sendiri dari beberapa macam tipe, vinyl plank, vinyl tile, vinyl sheet, dan luxury vinyl tile.

Vinyl Plank

Lantai vinyl tipe ini berukuran layaknya plank lembaran kayu. Vinyl plank biasanya didesain untuk menyerupai parket kayu. Plank vinyl di produksi sebagai alternatif yang lebih murah dari lantai kayu dan memiliki daya tahan terhadap noda yang lebih baik karena biasanya dilapisi dengan coating khusus anti cairan, bakteri dan jamur. Seiring dengan perkembangan teknologi tampilan vinyl kayu semakin natural dan mirip kayu dari segi warna dan tekstur. Vinyl kayu lebih banyak dipilih dibandingkan kayu asli karena harga yang lebih murah dan perawatan yang lebih sederhana. Rata-rata ukuran plank vinyl memiliki panjang 90  & 120 cm dengan lebar 10 & 30 cm.

The Green Design Center

Vinyl Tile

Jika vinyl plank memiliki desain dan ukuran menyerupai plank lantai kayu, vinyl tile adalah material komposit dengan desain dan ukuran menyerupai tile keramik ataupun batu. Vinyl tile bahkan dapat dipasang dengan menggunakan nat berwarna-warni sehingga memiliki tampilan mirip tile batu atau keramik. Vinyl tile umumnya berukuran persegi dengan ukuran 22, 30 dan 46 cm. Bukan hanya tekstur keramik dan batu tile vinyl juga hadir dalam berbagai warna dan desain kontemporer. Vinyl tile juga memiliki desain koleksi gaya interior yang luas variasinya. Salah satu kelebihan vinyl tile adalah dapat diganti secara parsial. Karena biasanya memiliki motif yang seragam atau duplikasi, penggantian pun menjadi semakin mudah tanpa perlu mencocokan tekstur atau pola tertentu seperti misalnya pada vinyl plank.

source: etsy.com

Vinyl Sheet

Seperti namanya, lantai vinyl sheet merupakan lembaran besar vinyl dengan ukuran dari 180 hingga 300 meter persegi. Lantai vinyl sheet cocok untuk ruangan yang cenderung lembab seperti dapur ataupun kamar mandi. Vinyl sheet memiliki permukaan yang anti air sehingga lebih awet dan tahan lama. Tipe ini juga dapat hadir dengan berbagai macam tekstur dan warna, baik itu yang menyerupai material alami seperti kayu, batu ataupun warna-warni dengan grafis tertentu. Vinyl sheet cenderung memiliki usia dan ketahanan yang lebih lama karena terdiri dari satu lembaran besar, namun memiliki kekurangan tidak dapat diganti secara sebagian. Artinya, jika terdapat area yang rusak harus dilakukan penggantian keseluruhan lembaran.

source: taco

Luxury Vinyl Tile

Luxury vinyl tile merupakan material vinyl dengan kualitas yang lebih premium dan harga yang lebih mahal dari standar vinyl. Luxury vinyl tile (LVT) biasanya hadir dalam ukuran yang lebih besar juga lebih tebal dari plank, tile standar. Dari segi cara pemasangan, jika vinyl standar dipasang dengan menggunakan lem ataupun pasta khusus, LVT biasanya memiliki metode pemasangan “floating installation” dimana tiap tile dipasang menggunakan sistem lock / knockdown. LVT juga memiliki tampilan yang sangat sulit dibedakan dengan kayu ataupun batu asli.

source: johnlewis

Trend Lantai Vinyl dalam Perkembangan Interior Modern

Dewasa kini, lantai vinyl banyak dipilih karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan material lantai lain dan praktis pemasangannya. Dari segi perawatan lantai vinyl juga jauh ebih mudah. Jika parket kayu asli tidak dapat dipel dengan air dan karpet memerlukan mesin peyedot debu, lantai vinyl sudah diproduksi dengan lapisan permukaan khusus yang membuatnya tahan terhadap air, noda dan cairan apapun. Selain itu, lantai vinyl pun kuat dengan beban langkah kaki dan baik tingkat bisingnya. Lantai vinyl juga sangat cocok untuk anda yang memiliki anak kecil ataupun hewan peliharaan dirumah. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah, lantai vinyl cocok untuk area yang memiliki tingkat keramaian orang berlalu lalang yang stabil dan tinggi.

Vinyl Flooring Source: TACO

Beberapa yang perlu diperhatikan adalah, lantai vinyl kurang ideal untuk menahan beban yang terlalu berat. Lantai vinyl juga kurang cocok dipasang di area outdoor, mengingat permukaannya yang merupakan hasil cetak yang dapat memudar jika sering terpapar air hujan dan matahari secara langsung. Lantai vinyl juga tidak ideal untuk ruangan yang memiliki temperatur dingin atau panas yang terlalu ekstrem. Di Indonesia pun, terutama di beberapa kota, penggunaan vinyl pada proyek residensial seperti rumah, hotel dan apartemen sudah berkembang sejak lama, motif yang beragam dan harga yang tidak mahal membuat beberapa desainer interior menjadikan lantai vinyl sebagai pilihan favorite mereka. Bukan hanya pada proyek residensial, lantai vinyl juga populer penggunaannya dalam proyek komersil seperti mall dan pusat perbelanjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis