Saat Hunian di Lahan Sempit (tipe 21, 36, 45) Bukan Lagi Masalah

Keterbatasan lahan bagi hunian adalah masalah masa kini yang dihadapi kebanyakan orang, gencarnya pembangunan, membuat lahan kosong sulit ditemukan. Walhasil, banyak orang memilih membangun hunian di lahan yang sempit. Tak hanya itu, kini banyak developer yang giat menawarkan rumah-rumah bertipe mungil (tipe 21, 36, 45) yang berdiri di lahan terbatas.

Memiliki hunian di lahan terbatas tidak menjadi soal apabila kita mampu menjadikan kondisi rumah senyaman mungkin. Rumah yang nyaman bisa dengan mudah kita wujudkan apabila: penataan ruangan yang baik, pencahayaan yang cukup, ventilasi udara yang baik, tingkat kelembaban yang pas dll.

Hal-hal seperti pencahayaan, ventilasi udara dan tingkat kelembaban adalah hal yang biasanya sudah diperhatikan oleh tim developer, namun apabila anda masih khawatir akan tidak terwujudnya hal-hal tersebut, anda bisa mengkoordinasikannya kepada developer terkait. Berbeda dengan menata ruangan/interior, tentu anda bisa melakukannya secara mandiri atau menyewa jasa desain interior, Adapun hal utama harus diperhatikan ketika hendak menata ruang di hunian terbatas antara lain:

  1. Gunakan cat/wallpaper berwarna cerah (putih, kuning muda, abu-abu, biru muda dll.) agar ruangan tampak luas, penggunaan dekorasi seperti cermin juga bisa digunakan untuk mensiasati ruangan agar tampak luas.
  2. Gunakan furniture berukuran kecil namun dengan kegunaan maksimal, di mana di dalamnya sudah didesain sedemikian rupa untuk menampung banyak barang. Hal ini karena, rumah mungil sangat selaras dengan desain interior minimalis, di mana ada kecenderungan menyimpan barang-barang di dalam perabot daripada di luar perabot yang akan membuat kesan ruangan tampak berantakan dan semakin sempit.
  3. Jadikan rak-rak yang ada serbaguna, tidak hanya untuk menyimpan barang seperti buku saja, namun kita bisa menggunakan rak untuk pajangan dan tanaman hidup.
  4. Memaksimalkan sudut-sudut ruangan atau ruang di bawah tangga untuk menaruh perabot.

Kini, sudah semakin banyak jasa custom perabot yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan, perabot inovatif pun mulai bermunculan, seperti meja serbaguna yang ukurannya bisa disesuaikan atau sofabed yang sudah populer sejak lama, dan masih banyak lagi inovasi perabot modern lainnya. Perabot modern ini biasanya tidak akan memakan banyak tempat di ruangan, memiliki fungsi serbaguna namun juga tidak mengabaikan sisi estetika. Keberadaan hal ini tentunya akan mempermudah kita dalam memaksimalkan ruangan-ruangan di lahan yang terbatas.

Sofabed yang serbaguna, inspirasi untuk rumah mungil.

Jadi, bukan alasan lagi bagi anda untuk mengeluhkan sulitnya memperoleh kenyamanan pada ruangan yang sempit. Karena sebenarnya hal semacam itu sudah bisa disiasati dengan mudahnya, terlebih dengan kehadiran perabot rumah tangga yang inovatif.

 

Author: Mirdha Arina S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis