Inspirasi Lemari Simpel Bernuansa Elegan

Lemari menjadi salah satu jenis furniture yang hampir selalu ada dalam setiap rumah. Lemari yang ada sekarang ini juga sudah memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan tema interior rumah, budget, warna dan juga kebutuhan masing masing orang. Dari sekian banyak jenis lemari, yang paling sering dicari karena dianggap cukup simpel serta memiliki desain menarik adalah lemari minimalis. Namun mengingat ukuran jenis lemari ini yang biasanya tidak terlalu besar ini juga butuh beberapa trik khusus agar bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Supaya tidak salah, berikut akan kami berikan ulasan tentang tipe tipe lemari jenis minimalis yang bisa memberikan nuansa elegan namun tidak berlebihan

1. Lemari Pakaian Minimalis Dengan Laci

Untuk anda yang membutuhkan lemari minimalis untuk menggantung pakaian sekaligus menyimpan pakaian yang terlipat, model lemari pakaian minimalis dengan laci ini menjadi pilihan yang paling tepat. Lemari ini dilengkapi dengan beberapa buah laci pada bagian bawahnya sehingga pakaian yang sudah disetrika bisa ditata dengan rapi pada laci tersebut.

via: Sarae Interior

Sedangkan untuk pakaian yang tidak bisa dilipat seperti pakaian pesta atau pakaian yang mudah kusut bisa digantung dengan rapi. Laci laci pada lemari juga bisa dipakai untuk menyimpan aksesoris yang bentuknya harus selalu dijaga dengan rapi seperti hijab, syal, sarung tangan, topi dan sebagainya.

2. Lemari Dengan Pintu Geser/Sleding

Lemari minimalis yang cocok anda pilih selanjutnya adalah lemari yang memiliki sliding door atau pintu geser khususnya untuk kamar yang sempit. Model pintu geser ini akan membuat lemari ini bisa diletakkan pada bagian sudut ruangan yang tidak bisa digunakan ketika memakai lemari dengan pintu konvensional.

via: Sarae Interior

Selain itu, model pintu geser ini juga bisa dikatakan lebih aman karena bisa meminimalisir resiko pintu terlepas dari engselnya dan jatuh ketika sedang dibuka terlalu keras. Bahkan, anda juga bisa menambahkan bantalan pada jalur pintu lemari pakaian untuk anak agar ketika jari mereka terjepit pintu tidak akan menyebabkan cedera.

3. Lemari yang Dilengkapi Dengan Cermin

Agar ruang minimalis bisa terlihat lebar, maka lemari yang dilengkapi dengan cermin menjadi pilihan paling tepat untuk digunakan. Lemari jenis ini juga sangat cocok untuk anda yang senang mencoba pakaian atau hobi merias diri.

via: Sarae Interior

Selain itu, pantulan yang dihasilkan dari cermin pada lemari pakaian minimalis ini juga akan memberikan kesan lebih luas pada kamar anda sekaligus menghemat pengeluaran karena anda tidak perlu membeli cermin tambahan.

Lemari yang dilengkapi dengan pintu cermin ini juga bisa berfungsi sebagai partisi kaca antar ruangan meski umumnya anda membutuhkan ukuran lemari yang cukup besar jika ingin menggunakannya sebagai pengganti partisi kaca.

4. Lemari Pakaian Minimalis Anak

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan lemari minimalis, namun anak anak juga membutuhkan lemari yang memiliki desain sederhana namun tetap elegan dan menarik ini. Barang barang dan mainan anak serta pakaian yang berukuran kecil nantinya bisa tertata dengan rapi hanya dalam satu buah lemari tipe minimalis ini.

via: Sarae Interior

Selain memperhatikan desain dan warna, anda juga harus memastikan keamanan lemari pakaian anak tersebut, sehingga sebaiknya pilih lemari yang bebas sudut dan juga hiasan tajam untuk menghindari cedera pada anak.

5. Lemari Minimalis Aksen Ukiran

via: homelism.com

Jika anda menginginkan sebuah lemari elegan namun tetap ingin memperlihatkan efek dekorasi untuk kamar tidur, maka anda bisa memilih lemari tipe klasik yang dilengkapi dengan aksen ukiran. Supaya tampilan kamar secara keseluruhan bisa tetap terlihat minimalis, maka hindari ukiran dengan motif terlalu beragam dan rumit. Pilih lemari dengan sedikit ukiran pada bagian pinggir pintu, tengah pintu atau pada bagian kaki lemari yang sudah bisa memberikan tampilan lemari pakaian yang berbeda.

Pilih juga warna lemari dengan nuansa warna lembut atau gelap namun tidak mencolok. Aksen ukiran yang ada pada pegangan lemari nantinya tidak hanya berguna untuk mempercantik ruangan, namun juga untuk memberikan tekstur dan permukaan yang anti selip sehingga tidak licin.

6. Lemari Minimalis Dengan Pencahayaan

via: Sarae Interior

Memilih lemari pakaian minimalis bukan berarti anda tidak bisa memaksimalkan fungsinya. Jika anda senang memadukan pakaian dengan pencahayaan yang baik, maka anda bisa memilih lemari tipe minimalis yang sudah dilengkapi dengan lampu di dalamnya.

Jika anda tidak mau repot dengan kabel serta instalasi listrik dalam lemari, maka anda bisa memilih lampu LED tempel mini di dalam lemari. Meski ukurannya kecil, namun lampu LED ini sudah cukup untuk memancarkan cahaya yang kuat dan pemasangannya juga sangat mudah yakni hanya perlu ditempel pada bagian dalam lemari.

7. Lemari Menyatu Dengan Dinding

Jika anda memiliki ruang yang terbatas, maka lemari minimalis model tanam sangat tepat untuk dipilih. Model lemari tanam ini merupakan sistem pemasangan lemari yang memang sengaja dibuat menyatu dengan dinding kamar. Pemasangan lemari model tanam ini juga akan menghemat ruang di kamar tidur anda. Agar manfaat lemari bisa semakin maksimal, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih pintu lemari yang digeser.

via: Sarae Interior

Sebelum memasang lemari ke dalam dinding, maka pastikan anda sudah menentukan panjang dan juga lebar lemari pakaian tersebut agar ukurannya bisa pas. Ketepatan ukuran ini sangat penting untuk diperhatikan sebab anda nantinya harus membuat lubang pada dinding. Jangan sampai anda terlanjur membuat lubang di dinding namun hasilnya lemari tanam ini tidak bisa ditanam karena lubang pada dinding terlalu kecil.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang tipe tipe lemari minimalis yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk menghadirkan suasana modern sekaligus elegan dan terlihat lebih kokoh. Semoga bisa menginspirasi.

 

Author: Nabilah K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis