Karpet atau Parket Kayu? Memilih Material Lantai yang Tepat bagi Interior anda

Lantai merupakan salah satu bagian penting dalam tampilan interior. Baik dari segi fungsi ataupun estetika, interior rumah dapat dikatakan ideal pada saat lantai menerapkan material yang tepat sesuai keinginan dan preferensi penghuninya. Dua material finishing lantai yang populer digunakan. Karpet dan parket kayu adalah dua material yang sangat berbeda sifat dan karakteristiknya. Keduanya juga digunakan untuk mewujudkan gaya interior dengan keunikan masing-masing. Berikut akan diulas beberapa kelebihan dan kekurangan karpet dan parket kayu sebagai bahan pertimbangan anda memilih finishing interior anda.

1. Karakteristik Karpet

source: lavendersfield online

Karpet bersifat hangat dan dapat meredam suara bising yang tidak diinginkam. Kelebihan menggunakan karpet sebagai material lantai anda ideal jika anda menginginkan efek ruangan yang lebih hangat, misalnya jika anda tinggal di daerah bersuhu dingin ataupun menggunakan AC didalam rumah atau kamar. Dibandingkan dengan kayu yang menimbulkan suara derap kaki, karpet cocok untuk anda yang menyukai ketenangan dalam beraktifitas dirumah. Karpet bisa digunakan sebagai material lantai keseluruhan atau hanya sebagai aksen. Karpet aksen banyak dipilih desainer interior sebagai nilai tambah estetika misalnya dengan memberikan karpet aksen dengan warna atau gambar yang playful untuk menghidupkan ruangan.

source: crate and barrel

Karpet juga tentu saja lebih mudah dan murah untuk diinstal dibandingkan dengan lantai kayu. Karpet dapat menyesuaikan dengan gaya interior manapun. Jenis karpet sangat beragam dari warna-warna solid natural, tekstur, karpet corak warna-warni, corak abstrak ataupun klasik. Bahkan terdapat beberapa vendor karpet yang menyediakan layanan khusus custom desain karpet. Anda dapat menggunakan desain dengan paduan warna dan gambar apapun yang anda inginkan. Selain lebih mudah pemasangannya, karpet juga memiliki varian harga sesuai kualitas dan cenderung memiliki harga yang leboh terjangkau dibandingkan parket kayu. Salah satu kelebihan karpet juga adalah dapat menyesuaikan dengan ukuran ruang dengan mudah, karena dapat dicetak dalam ukuran roll yang panjang dan mudah dipotong-sambung.

Beberapa risiko menggunakan karpet adalah lebih membutuhkan usaha lebih untuk dibersihkan. Anda minimal harus memiliki penyedot debu saat memutuskan untuk menggunakan karpet. Selain itu, karpet juga lebih mudah meninggalkan noda cairan misalnya kopi atau teh jika tumpah. Karpet tidak disarankan untuk digunakan di udara terbuka yang sering terpapar debu dan bagi anda yang memiliki alergi karena karpet akan lebih mudah menyimpan bakteri, kuman dan kotoran kering.

source: Joss and Main

Selain lebih sulit dibersihkan, daya tahan dan usia karpet umumnya jauh lebih muda dibandingkan lantai parket kayu. Karpet idealnya memiliki masa pakai kurang lebih 10 tahun sebelum memerlukan penggantian. Perawatan dan pembersihan dari pihak profesional sekali waktu dapat memperpanjang waktu pakai karpet namun jarang sekali karpet bertahan selama lebih dari 10 tahun. Karena mengandung bahan kimia dalam proses pembuatannya, karpet bukanlah material didalam kategori ‘green’ ataupun hemat energi. Dari segi fungsi ruang, karpet tidak cocok dipasang di ruangan seperti dapur, kamar mandi, teras atau garasi karena tentu saja bisa menjadi sangat kotor dan berkurang kualitasnya dengan cepat. Karpet cocok digunakan di kamar tidur, ruang keluarga ataupun ruang privat lainnya.

2. Karakteristik Parket Kayu

source: freepik

Parket kayu memberikan kesan hangat, homey dan natural bagi interior rumah anda. Secara umum, terdapat beberapa jenis parket kayu, yaitu yang menggunakan kayu utuh (solid wood), yang merupakan serbuk kayu yang dipress menjadi sebuah lembar parket (laminated wood) dan juga parket dengan kayu artifisial. Dari segi daya tahan dan usia, parket kayu unggul dibandingkan karpet. Jika karpet berusia paling maksimal 10 tahun, parket kayu dapat bertahan hingga 100 tahun! Terutama jika menggunakan kayu yang alami dan kuat. Parket kayu dapat menahan beban yang juga lebih kuat. Walaupun tidak tampil dalam warna-warni cerah, parket kayu dapat hadir dengan berbagai tingkat warna kayu yang sangat beragam, terang hingga gelap bahkan hitam, tekstur dan urat yang dinamis dan tidak monoton. Selain tekstur dan warna, pola pemasangan  parket kayu juga dapat dieksplorasi dengan luas. Lantai kayu pun dapat mewujudkan berbagai macam gaya interior dari klasik, rustic hingga modern. Selain itu, parket kayu sangat mudah dibersihkan. Cukup dengan menyapu atau melapnya debu dan kotoran terangkat dengan mudah.

source: a pinterest addict

Tampilan elegan dan desain yang tidak lekang oleh waktu akan lebih mudah dicapai dengan memilih parket kayu sebagai penutup lantai anda. Parket kayu juga dapat digunakan di lebih banyak ruang baik ruang bersama ataupun privat. Dapur, koridor dan teras sangat umum penggunakan parket kayu yang tahan air. Bahkan terdapat jenis kayu yang sangat kuat terdapat air dan cuaca yaitu kayu ulin. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah lantai kayu dapat meningkatkan harga jual properti anda. Jika anda berniat untuk menjual properti anda di masa depan, memasang parket kayu sebagai lantai adalah investasi jangka panjang.

Walaupun demikian, parket kayu juga memiliki beberapa kekurangan. Parket kayu tentu saja tidak dapat meredam bising suara atau derap langkah kaki sebaik karpet. Kayu cenderung memiliki suhu yang akan menyesuaikan keadaan sekitar. Jika cuaca dingin, lantai anda akan terasa dingin dan sebaliknya. Karena kualitas dan daya tahan yang lebih lama, parket kayu pun hadir dalam varian harga yang lebih tinggi dibandingkan karpet. Anda harus menyiapkan dana lebih saat memutuskan untuk menggunakan kayu sebagai penutup akhir lantai rumah.

source: palazzo morelli

Dari segi pemasangan, parket kayu idealnya dipasang oleh professional. Artinya terdapat biaya pemasangan terpisah dari biaya materialnya. Walau beberapa parket kayu modern kini hadir dengan sistem knock-down yang membuatnya lebih mudah dipasang, untuk sudut-sudut pertemuan misalnya dengan pintu, tangga ataupun sudut ruang lainnya, diperlukan kehati-hatian dan skill potong tersendiri untuk beberapa sudut yang disebutkan tadi.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan karpet dan parket kayu sebagai material penutup lantai, anda dapat mempertimbangkan dengan baik sebagai dasar keputusan memilih. Kombinasi antara parket kayu dan karpet juga dapat dilakukan jika kedua material ini adalah favorit anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis