Inspirasi Tanaman Hias untuk Dekorasi

Dekorasi rumah bukan hanya soal keindahan semata, namun kita bisa menciptakan suasana yang lebih nyaman. Tentunya, ini yang ingin kita ciptakan untuk rumah kita.

Penerapan tanaman hias dalam dekorasi pun kian banyak digunakan. Selain bisa membuat ruangan semakin hidup, adanya tanaman pun bisa menguatkan konsep interior furniture yang diusung. Bisa juga menjaga sirkulasi udara. Apalagi bila tanaman hias untuk dekorasi rumah diletakkan di tempat yang sering kita tempati, misal kamar atau ruang kerja. Bisa membuat pikiran kita menjadi lebih relax, sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan inspirasi setiap saat.

Nah, lantas tanaman apa saja sih yang cocok untuk dekorasi? Berikut ini sarae merangkum beberapa informasi tanaman yang bisa kamu gunakan serta bagaimana tips mendekornya.

1. Aloe Vera

Aloe Vera atau dikenal juga dengan sebutan lidah buaya merupakan tanaman yang bisa bertahan lama bahkan tanpa adanya air. Sehingga perawatannya pun terbilang cukup mudah,  membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya di dalam rumah. Selain difungsikan untuk dekor, aloe vera juga bisa bermanfaat sebagai salah satu obat penyembuh luka alami, atau kalau ingin menyuburkan rambut, bagian gel nya bisa kamu manfaatkan juga.

Sumber gambar: mindbodygreen.com

Tips Dekorasi Aloe Vera

Kamu bisa menggunakan pot kecil yang terbuat dari tanah liat sebagai media tanam aloe vera. Penempatannya, di atas ambalan yang ada di ruang tengah atau di ruang kerja. Bisa juga dijadikan tanaman hias gantung, kamu tinggal memberi tali pada bagian atas potnya lalu menggantung di paku. Sangat cantik bila ada beberapa pot aloe vera dijajarkan. Kesan natural nya tentu akan terasa sekali.

2. Sirih Gading

Selain kesan natural, kamu juga bisa mendapatkan kesan lebih classy dengan penerapan dekorasi tanaman. Sirih gading adalah tanaman yang bisa digunakan. Sama dengan aloe vera, perawatannya terbilang mudah bahkan tetap bisa tumbuh subur biarpun hanya diletakkan pada media tanam yang sederhana.

Sumber Gambar: Fabelio.com

Tips Dekorasi Sirih Gading

Kamu bisa menyiapkan pot kaca yang transparan kemudian isi dengan air dan masukan sirih gading ke dalamnya. Lalu, letakkan di atas meja kerja atau di atas ambalan ruang tamu.

3. Snake Plant

Snake Plant atau kalau di Indonesia terkenal dengan sebutan tanaman lidah mertua. Tanaman ini tumbuh tinggi ke atas dan mampu menyerap polusi di dalam ruangan seperti debu. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menjaga sirkulasi udara tetap terjaga dan terasa bersih.

Sumber gambar: patchplants.com

Tips Dekorasi Snake Plant

Siapkan pot yang berukuran sedang, untuk warnanya sebaiknya sesuaikan dengan warna konsep rumah. Lalu, masukan tanah gambut dan snake plant ke dalamnya. Kamu bisa menempatkannya di pojok rumah atau di depan rumah. Tidak perlu menggunakan ambalan karena ukuran snake plant cukup besar.

4. Aglonema

Tanaman aglaonema memiliki bentuk daun yang lebar, mirip dengan kuping gajah. Nama lainnya adalah tanaman sri rejeki. Banyak orang yang menggunakan Aglaonema sebagai tanaman hias untuk dekorasi. Biasanya diletakkan di dalam ruangan karena memang perawatannya juga mudah, bahkan kalau mau diletakkan di ruang ber-AC pun bisa.

Sumber gambar: balconygardenweb.com

Tips Dekorasi Aglonema

Kamu bisa mencari media tanam yang terbuat dari tanah liat atau pot plastic untuk tanaman aglonemanya. Lalu tempatkan di pojok ruangan, atau bila ukurannya kecil kamu bisa menaruh di atas ambalan agar terlihat lebih segar dan mudah dipandang mata.

5. Palem

Apakah kamu pernah terpikir untuk menaruh tanaman ini di dalam rumah? Sekedar untuk dekorasi saja atau untuk memberikan kesegaran dalam ruangan. Palem juga mudah dirawat.

Sumber gambar: thejoyofplants.co.uk

Tips Dekorasi Palem

Karena ukurannya yang relatif besar maka kamu tidak bisa sembarangan meletakkannya. Gunakanlah pot yang berukuran besar sebagai media tanam kemudian tempatkan di pinggir pintu dalam ruangan.

6. Kaktus

Kamu tentu sudah tahu dong tanaman kaktus. Tanaman ini sangat mudah sekali dirawat karena kaktus terbilang bisa bertahan meskipun tanpa air. Kaktus juga berduri sehingga kamu harus berhati-hati. Nah, bentuknya sendiri beragam ada yang besar ada yang kecil ada yang menjulang ke atas atau yang pendek. Keunikan dari bentuknya pun bisa memberikan kesan dekorasi tersendiri.

Sumber gambar: sandiegogh.tumblr.com

Tips Dekorasi Kaktus

Kamu bisa memilih kaktus berukuran kecil untuk ditempatkan di atas ambalan. Bisa di ruang tamu atau kamar. Bila ingin memilih yang berukuran lebih besar, bisa ditempatkan di pojok ruangan namun usahakan untuk terhindar dari anak kecil, karena durinya akan berbahaya.

7. Philodendron

Pernah terpikir untuk menempatkan tanaman merambat di dalam rumah? Atau masih bingung tanaman mana yang cocok? Sebaiknya kamu pilih philodendron. Tanaman hijau yang merambat, bentuk daunnya seperti hati. Tanamannya juga dapat menyerap racun dalam ruangan. Pertumbuhannya pun terbilang cepat.

Sumber gambar: balconygardenweb.com

Tips Dekorasi Philodendron

Philodendron akan tumbuh merambat alami, kamu bisa menempatkannya di tiang rumah agar terkesan lebih natural. Beberapa orang juga kerap menjadi philodendron sebagian dekorasi saat ada kegiatan tertentu, seperti pernikahan atau acara ulang tahun.

8. Spider Plant

Daun pada tanaman ini dapat tumbuh dengan banyak. Bentuknya ramping dan menjuntai ke bawah menyerupai kaki laba-laba. Sehingga dinamakanlah spider plant kalau di luar negeri disebut juga chicken and hens plant. Daya serap pada debunya cukup tinggi yaitu 90%, sangat cocok ditempatkan dalam ruangan.

Sumber gambar: houseplant411.com

Tips Dekorasi Spider Plant

Jadikan spider plant sebagai tanaman hias yang digantung. Sehingga saat tumbuh menjuntai, tanamannya akan terlihat indah dan rimbun.

9. Bunga Seruni

Seruni atau nama lainnya adalah bunga krisan, memiliki bentuk bunga yang indah. Mekar dan berwarna alami. Baunya juga cukup harum dan bisa menarik perhatian.

Sumber gambar: fiveoclockteaspoon.blogspot.com

Tips Dekorasi Bunga Seruni

Letakkan bunga seruni di ruang tamu sehingga bisa membua suasana lebih segar dan ruangan juga bisa lebih wangi. Atau kalau ingin meletakkan di dalam kamar juga bisa, tepatnya di atas ambalan dan di dalam vas bunga.

Nah, itulah 9 tanaman hias untuk dekorasi yang bisa memberikan kesan lebih natural dan membuat ruangan semakin estetik plus nyaman. Kamu bisa pilih salah satu tanaman di atas. Secara keseluruhan semua tanaman tersebut mudah dirawat sehingga kamu tidak perlu terlalu sering menyiramnya apalagi kaktus. So, tanaman mana yang akan kamu pilih? Yuk aplikasikan pada dekorasi ruanganmu sekarang!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis