Inspirasi Desain Kitchen Set L-Shape

L-Shape Kitchens adalah tata ruang dapur umum yang menggunakan dua dinding yang berdekatan, atau konfigurasi L, untuk mengatur berbagai perlengkapan dapur secara efisien. Fleksibel untuk berbagai variasi panjang dan kedalaman, desain L-Shape Kitchens sering menggabungkan Island Counters tambahan (persegi panjang, persegi) untuk peningkatan ruang kerja dan permukaan meja. Lorong izin minimum 3’6 ”| Diperlukan 1,07 m di depan tata letak L-Shape, dengan lebar yang disarankan dari 4′-6 ‘| 1,2-1,8 m. Dapur L-Shape memiliki panjang linier panjang yang berkisar antara 8’-13 ‘| 2,4-4 m dan panjang pendek 3’-9 ‘| 0,9-2,7 m. L-Shape Kitchens harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 111 kaki2 | 10,3 m2.

Penjelasan Umum Dapur dengan Kitchen Set jenis L-Shape

Dapur yang memiliki bentuk L-Shape ini lebih sering digunakan untuk ruang dapur yang letaknya berada diantara dua sudut dinding atau ruang dapur yang memiliki konfigurasi bentuk L. Kitchen Set dengan jenis L-Shape ini termasuk dalam kategori yang fleksibel dan sering dipasangkan dengan meja dapur yang letaknya berada di tengan ruangan.

Standar Ukuran Kitchen Set jenis L-Shape

Dapur yang menerapkan kitchen set jenis L-Shape memerlukan jarak bebas minimal 3’6” atau sekitar 1,07 meter untuk bagian lorong atau koridornya. Akan tetapi supaya lebih efektif dalam beraktifitas, sediakan lebar dengan jarak paling tidak antara 4’-6’ atau sekitar 1,2 meter hingga 1,8 meter untuk menyediakan akses yang cukup sebagai wadah peralatan dapur.

Standar ruang dapur yang nyaman untuk Kitchen set jenis L-Shape

Dapur yang nyaman untuk kitchen set jenis L-Shape sebaiknya memiliki luas kisaran 111 ft2 atau sekitar 10,3 meter persegi. Dapur dengan kitchen set jenis ini pada umumnya harus menyediakan meja dapur sebagai pelengkap. Panjang dapur dengan jenis kitchen set ini paling tidak berkisar antara 8’-13’ atau sekitar 2,4 meter hingga 4 meter. Sedangkan panjang dapur yang efisien berkisar antara 3’-9’ atau 0,9 meter hingga 2,7 meter.

Kelebihan Menggunakan Kitchen Set jenis L-Shape

Bentuknya kitchen yang memanjang dapat memungkinkan penghuni rumah untuk bergerak bebas ketika menggunakan kitchen set jenis L-Shape. Selain itu letak kitchen set yang berada di bagian sudut ruang maka dapat memungkinkan ruangan dapur menyatu dengan ruang lain seperti ruang makan dan ruang keluarga. Sehingga bagi pemilik rumah yang memiliki keterbatasan lahan dapat menerapkan dapur yang menggunakan jenis kitchen set ini. Selain itu bagi pemilik hunian yang senang dengan konsep open space maka dapur jenis ini sangat cocok untuk diterapkan ke dalam hunian mereka.

Tata Letak yang Efisien dalam menerapkan Kitchen Set jenis L-Shape

Pada umumnya dapur dengan kitchen set ini memiliki ruangan yang lebih terbuka bila dibandingkan dengan jenis kitchen set lain seperti Two Row. Jika Anda memuliki ruang dapur yang terbatas, Anda dapat menghilangkan pintu dapur sehingga ruangan dapur dengan kitchen set jenis L-Shape ini menjadi lebih terbuka.

Keuntungan dan kerugian menggunakan Kitchen Set jenis L-Shape

Seperti namanya, kitchen set jenis L-Shape ini saling berkaitan dengan dua sisi sudut dindingnya. Perabot daput baik kabinet serta peralatannya diposisikan sepanjang kedua sisi sudut ini. Panjang kedua sisi kitchen set jenis L-Shape ini tergantung luasan hunian yang dimiliki penghuni rumah, sehingga bisa memiliki panjang yang sama atau berbeda. Disini terdapat keuntungan maupun kerugian yang dimiliki dari dapur yang memiliki kitchen set jenis L-Shape, diantaranya adalah:

Keuntungan menerapkan bentuk L-Shape ke dalam hunian

Bagi Anda yang memiliki ruang dapur dengan luasan yang sedang, jenis kitchen set ini dapat diatur secara mudah dan fleksibel. Selain itu diringi dengan konsep desain yang semi klasik, maka penerapan kitchen set ini dapat berfungsi dengan baik.

Bagi Anda yang senang dengan konsep terbuka (open space), maka penerapan kitchen set jenis L-Shape ini dapat berfungsi secara maksimal. Anda dapat meletakkan kitchen set ini terbuka dengan halaman belakang hunian Anda untuk mendapatkan suasana pemandangan taman yang indah. Atau Anda bisa juga menerapkan kitchen set jenis L-Shape yang langsung menghubungkan ke ruang tamu atau ruang makan Anda. Bagi Anda yang memiliki hunian dengan lahan terbatas, menghubungkan ruang tamu langsung dengan dapur dapat membuat suasana ruangan terkesan lebih luas dan longgar. Sedangkan untuk ruang dapur dengan kitchen set jenis ini yang terhubung langsung dengan ruang makan akan memudahkan Anda dalam melukan aktifitas memasak secara lebih efisien dan maksimal.

Bagi Anda yang senang dengan konsep industrial serta open plan, maka jenis kitchen set ini cocok Anda terapkan di dalam ruang dapur. Bagi ruang dapur dengan luasan yang sedang seperti pada apartemen banyak yang menerapkan kitchen set jenis L-Shape karena bisa lebih praktis dan menghemat ruang yang ada. Namun dengan konsep yang terbuka, terdapat beberapa tantangan tersendiri bagi pemilik rimah. Disini Anda perlu mencar tahu apa saja yang ingin dilihat oleh tamu atau orang lain yang mengunjungi rumah Anda atau apa saja yang tidak ingin dilihat oleh mereka. Misalnya ketika ruang dapur dan ruang tamu saling berdekatan sedangkan Anda merasa kurang nyaman jika alur pergerakannya seolah-olah terputus, maka konsep open plan pada kitchen set jenis L-Shape ini dapat bekerja secara maksimal.

Kerugian menerapkan bentuk L-Shape ke dalam hunian

Ketika pemilik rumah akan melakukan aktifitasnya di dapr yang memiliki kitchen set jenis L-Shape, maka segitiga kerja dalam dapur akan terkesan semakin sesak dan ramai jika beberapa orang melakukan aktifitas di ruang yang sama. Namun bagi Anda yang senang melakukan aktifitas di dapur secara mandiri, maka bentuk ini bisa jadi yang paling efektif diantara bentuk kitchen set yang lain. Untuk menyiasati adanya tabrakan saat bekerja, penempatan kulkas, kompor, serta sink harus dipikirkan secara matang.

Selain itu jika Anda tertarik menggunakan kitchen set jenis L-Shape, perhatikan terlebih dahulu luasan dapur yang dimiliki. Jika Anda tidak memiliki cukup luasan dapur, dapat membuat Anda kurang nyaman dalam beraktifitas di dapur.

Begitu juga dengan ruangan dapur yang dimiliki terlalu luas. Dalam hal ini, hati-hati terhadap zona mati yang dapat ditimbulkan dari tata letak kitchen set jenis L-Shape. Menurut Arsitek Shove-Brown, dalam beberapa kasus kitchen set jenis L-Shape tidak dimanfaatkan dengan benar akibar ruangan dapur yang dimiliki terlalu luas. Menurutnya area tersebut bahkan tidak tepat bila digunakan untuk penyimpanan. Maka dari itu, salah satu cara yang paling efektif ketika memiliki luas dapur yang cukup luas dan akan menerapkan jenis kitchen set ini adalah dengan cara membatasi ruangannya. Sehingga zonasi ruang tidak terkesan mati dan kosong.

Bila dibandingkan dengan dengan jenis lainnya, dapur jenis L-Shape ini bisa lebih mahal. Menurut Nathan Outlaw dari Thomasville,GA menyebutkan bahwa dapur jenis kitchen set L-Shape memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan tingkat kerumitannya dalam sudut-sudut kitchen set tersebut.

Siapa saja yang cocok menggunakan dapur jenis kitchen set ini?

Dengan memperhatikan penjelasan diatas, maka dapur dengan kitchen set jenis L-Shape ini mungkin dapat menjadi pilihan terbaik Anda jika memperhatikan beberapa poin dibawah ini.

  1. Bila dapur yang Anda miliki memiliki luasan yang sedang, tidak terlalu luas maupun tidak terlalu sempit.
  2. Ingin memaksimalkan konsep segitiga kerja.
  3. Menginginkan konsep ruangan yang memiliki nuansa terbuka (open space).
  4. Bila tidak memiliki aktifitas lebih dari 1 orang yang berada di dalam dapur.

Penerapan kitchen Set jenis L-Shape

Jika Anda ingin memiliki ruang dapur yang efisien dengan menerapkan kitchen set jenis L-Shape, maka perlu memperharikan beberapa tips berikut:

  1. Jangan menempatkan area kerja yang terlalu jauh. Hal ini akan membuat ruang kerja kurang efisien. Maka dari itu, memperpendek jarak kitchen set dapat membuat ruang dapur bekerja secara optimal.
  2. Jangan meletakkan peralatan dapur dengan jarak yang sangat dekat. Jenis kitchen set ini memperpanjang salah satu sisi kitchen set dapat membantu merentankan zona kerja sehingga pergerakan orang yang beraktifitas di dapur semakin meningkat.

Bagaimana, tertarik untuk merancang kitchen set jenis L-shape ini? Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai referensi Anda dalam merancang dapur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis