Inspirasi Desain Kitchen Set jenis U-Shape Island

U-Shape Kitchen Islands adalah tata ruang dapur berkelanjutan yang menempatkan lemari dan perlengkapan di sepanjang tiga dinding yang berdekatan di sekitar konter pulau yang terpusat. Lebar lorong minimum 3’6 “| 1,07 m harus disediakan untuk digunakan, tetapi disarankan agar zona ini diperbesar hingga antara 4 ‘-6′ | 1,2-1,8 m untuk menyediakan akses yang lebih besar dan ruang gerak untuk banyak orang di sekitar pulau. Kepulauan Dapur U-Shape memiliki lebar yang berkisar antara 15’-18 ‘| 4,6-5,5 m dengan kedalaman keseluruhan dan dimensi pulau yang bervariasi sesuai kebutuhan. Kepulauan Dapur U-Shape harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 155 kaki2 | 14,4 m2

Pertanyaan Umum yang sering ditemui untuk Dapur dengan Kitchen Set jenis U-Shape Island

Apakah Kitchen Set jenis U-Shape Island?

Dapur dengan Kitchen Set jenis U-Shape Island merupakan tata letak dapur berkelanjutan yang  menempatkan lemari dan perlengkapannya di sepanjang tiga dinding yang saling berdekatan diantara pulau dapur yang berada di area pusat.

Apa saja standar yang perlu dilihat saat merancang ruang dapur dengan Kitchen Set jenis U-Shape Island?

Dapur dengan kitchen set jenis ini memerlukan area untuk sirkulasi pergerakan minimal sebesar 3’6” atau setara dengan 1,07 meter. Akan tetapi, supaya pegerakan pemilik rumah menjadi lebih oprimal ketika berada di dapur, maka ruangan ini perlu menyediakan lebar antara 4’-6’ atau setara dengan 1,2 hingga 1,8 meter. Dengan menggunakan luasan dapur ini, maka akses manusia ketika membawa peralatan dapur menjadi lebih nyaman.

Standar Pulau Dapur dalam Tata Letak Kitchen Set jenis U-Shape Island?

Penempatan Kitchen Set jenis U-Shape Island ini perlu memiliki pulau dapur yang berada di tengah dan menjadi fokus dari ruangan dapurnya. Pulau dapur ini memerlukan luas koridor sekitar 155 ft2 atau setara dengan 14,4 meter persegi. Sedangkan lebar umum dari tata letak pulau dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island berkisar antara 15’-18’ atau berada di antara 4,6 hingga 5,5 meter dengan kedalaman dan dimensi pulau sesuai dengan kebutuhan dari pemilik rumah.

Bagaimana cara mendesain dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island agar optimal?

  1. Ketahui Por serta Kontra dari Desain U-Shape Island

Secara umum, dapur yang memiliki kitchen set jenis U-Shape Island ini menyediakan banyak penyimpanan serta memiliki ruang memasak yang lebih banyak bila dibandingkan dengan kitchen set jenis lain. Selain itu, dapur ini juga lebih aman karena hanya memiliki 1 akses keluar dan masuk ke ruangannya. Selain itu, bentuk U ini juga dapat memungkinkan adanya 2 aktifitas atau lebih dalam waktu yang sama ketika sedang berada di ruangan dapur. Namun disamping kelebihannya, perlu Anda catat juga bahwa dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island ini memiliki biaya yang lebih mahal bila dibandingkan dengan kitchen set jenis lain misalnya saja kitchen set jenis L-Shape. Hal tersebut dikarenakan kitchen set jenis ini lebih banyak membutuhkan lebih banyak bahan kabinet dan meja untuk menjalankan kabinet tambahannya.

  1. Rencanakan Tata Letak Ruangan Dapur Anda

Panjang kabinet di dapur dengan kitchen set jenis U-Shape ini sangat bervariasi, atau bisa juga sama panjangnya. Jadi dalam kasus ini, kitchen set U-Shape Island bisa fleksibel ketiika akan dimasukkan ke dalam ruang dapur. Jika salah satu dinding dari ruang dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island memiliki jendela, maka Anda dapat meletakkan area wastafel yang berdekatan dengan jendela ini. Bukaan jendela dengan wastadel yang saling berdekatan ini dapat membuat ruangan dapur menjadi lebih sehat dan besih.

  1. Posisikan Sink dan Cooktop dengan Tepat

Jika Anda memiliki wastafel yang berada di area tengah ruangan dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island, maka kompor dapat Anda letakkan di salah satu sisi selain sisi dari wastafelnya. Namun jika ruangan  dapur dengan kitchen set ini memiliki panjang sisi yang tidak sama, maka area sisi yang lebih panjang akan mampu menampung jangkauan untuk memberikan lebih banyak ruang di kedua sisinya. Selain itu, jika wastafel tidak berada di area tengah kitchen setnya, maka pastikan lemari kabinet yang diletakkan vertikal ini diletakkan berseberangan dengan area wastafel. Hal tersebut dapat membuat sirkulasi dapur menjadi tidak terganggu serta ruangan dapur dapat bekerja lebih optimal.

  1. Dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island ini dapar dirancang sehingga dapat menutupi komponen dapur atau perabot dapur yang kurang menarik. Anda dapat ‘menyembunyikannya’ di balik kabinet dari kitchen set ini. Bagi dapur yang memiliki konsep terbuka atau ‘open space’, hal ini akan sangat membantu Anda. Cara menyiasatinya diantaranya dengan meletakkan area cuci piring di baagian dinding belakang, kulkas berada di sebelah kanan yang tersembunyi diantara kabinet di sampingnya. Sedangkan microwave diletakkan di ujung pulau dapur, yaitu di depan wastafel dan area cuci piring.
  2. Dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island ini dapat menawarkan berbagai bentuk ruang dapur yang simetris dalam suatu desain. Banyak pemilik rumah yang menerapkan pola simetris supaya ruangan menjadi terkesan indah, bersih, dan seimbang. Anda dapat meletakkan peralatan dapur seperti oven atau kompor yang diletakkan di tengan kitchen setnya. Meski simetris akan menghasilkan ruangan yang bersih dan rapi, namun tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan pola asimetris ke dalam ruangan dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island ini. Dengan kosep, struktur, dan perencanaan yang matan, kitchen set jenis U-Shape Island dengan pola asimetris ini juga dapat menghasilkan ruangan dapur yang unik dan indah.
  3. Berbeda dengan kitchen set jenis U-Shape biasa, kitchen set jenis U-Shape jenis Island ini memerlukan ruangan yang lebih besar untuk menempatkan pulau dapur ke dalam titik tengan area kitchen set nya. Sesuai standar kenyamanan, ruangan dapur dengan kitchen set ini memerlukan jalur sirkulasi yang nyaman di ketiga sisi ruangan dapurnya. Biasanya keberadaan pulau dapur dalam kitchen set ini dapat digunakan secara ganda sebagai area untuk meletakkan peralatan-peralatan dapur kecil seperti pemanggang roti, blender, atai mesin kopi.
  4. Bila banyak dari kitchen set menggunakan siku yang kaku, maka Anda bisa terapkan hal lain yaitu dengan menggunakan konsep kurca ke dalam dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island. Lengkungan pada kurca ini dapat menciptakan desain yang penuh gaya di dalam dapur. Disamping keunikannya, penerapan kurva dalam ruang dapur ini dapat mengurangi ruang penimpanan yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan kitchen set biasanya. Namun bagi kitchen set jenis U-Shape Island, hal ini bukan menjadi masalah karena memiliki ruang penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan kitchen set jenis lainnya.
  5. Salah satu hal yang paling penting yang perlu Anda ingat mengenai dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island adalah fleksibilitasnya. Ada banyak variasi mendesain ruangan dapur dengan kitchen set ini, sehingga Anda dapat merancang dapur ini dengan tepat sesuai dengan konsep yang ingin diterapkan.

Referensi Desain Ruang Dapur dengan Kitchen Set jenis U-Shape Island

Sumber: pinterest.com

Ruangan dapur dengan tema klasik. Disini Anda dapat menggunakan campuran material kayu bewarna putih dengan elemen hitam pada area pulau dapur sebagai titik fokusnya.

Sumber: pinterest.com

Anda dapat memberikan lampu gantung bagi ruangan dapur yang memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Disini Anda juga dapat menambahkan bukaan jendela di bagian sudutnya. Untuk lantai, Anda dapat menggunakan material kayu untuk memberi nuansa hangat ke dalam ruangannya.

Sumber: pinterest.com

Disini Anda dapat menerapkan konsep tradisional ke dalam dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island. Warna putih dapat Anda terapkan pada rak-rak kabinetnya, sedangkan dinding ruang dapur ini dapat menggunakan warna hangat seperti warna kuning. Untuk menambah kesan tradisionalnya, Anda dapat menggunakan lantai dengan jenis keramik.

Sumber: pinterest.com

Masih dengan konsep yang sama, yaitu tradisional. Dalam contoh ini Anda dapat memanfaatkan pulau dapur secara ganda, bahkan triple. Jika Anda ingin menggabungkan beberapa fungsi ruang menjadi satu, maka konsep dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island adalah pilihan terbaik. Pulau daput pada kitchen set ini dapat dimanfaatkan juga sebagai area mini bar yang berfungsi sebagai area makan.

Bagaimana, tertarik untuk menerapkan dapur dengan kitchen set jenis U-Shape Island ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis