Inspirasi Dapur dengan Kitchen Set Jenis G-Shape Peninsula

G-Shape Kitchens, juga dikenal sebagai Peninsula Kitchens, adalah tata letak dapur yang terus-menerus menempatkan lemari dan perlengkapan di sepanjang tiga dinding yang berdekatan dan berakhir dengan ekstensi penghitung batang. Populer untuk secara efisien menggabungkan area tempat duduk tambahan dan meja kerja dengan tata letak U-Shape, G-Shape Kitchen dapat dengan mudah mendukung banyak orang pada waktu tertentu. Lebar tengah minimum 5 ‘| 1,53 m harus disediakan untuk digunakan, tetapi disarankan agar zona interior ini diperbesar hingga antara 6’-8 ‘| 1,8-2,4 m ke arah yang pendek untuk memberikan ruang yang memadai bagi banyak orang untuk bergerak dengan nyaman. Lorong lorong minimum 3 ‘| 0,91 m harus dijaga antara tepi penghitung batang dan kabinet terdekat. G-Shape Kitchens memiliki lebar keseluruhan yang berkisar antara 13’-16 ‘| 4-4.9 m dan kedalaman dari 12’-15 ‘| 3,7-4,6 m. G-Shape Kitchens harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 136 ft2 | 12,6 m2.

Ide dasar dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula

Ketika memikirkan bentuk dapur sebagai salah satu elemen dasar desain, sebagai pemilik rumah tentunya menginginkan ruang dapur yang dapat berfungsi secara optimal sehingga dapat efisien dalam mendorong interaksi dan utilitas di dalam ruangan.

Dapur yang memiliki kitchen set tipe panjang dan ramping dapat menjadi langkah yang baik untuk mendorong aktifitas pergerakan manusia. Dapur yang memiliki kitchen set bentuk L dapat menggunakan kabinet panjang sebagai ruang kompor serta ruang saji. Dapur dengan kitchen set bentuk U-Shape sangat cocok digunakan untuk ruang dapur yang dikelilingi jendela, dengan ruangan yang lebih luas dibandingkan ruang dapur dengan bentuk lainnya, serta tema dapur yang memiliki sistem terbuka.

Sedangkan bentuk ruangan dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini memiliki bentangan yang bervariatif serta konsep desain yang terbuka atau open space. Ruang memasak untuk dapur dengan kitchen set ini berada di tengah ruangan. Kitchen set jenis G-Shape penisula ini merupakan gabungan dari bentuk kitchen set jenis L-Shape dan U-Shape.

Dapur yang memiliki kitchen set jenis G-Shape Penisula ini memungkinkan  ruangan dapur lebih bervariasi dan lebih berguna. Kitchen set jenis ini memiliki meja rak yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai area memasak sekaligus sebagai area makan.

Bentuk kitchen set jenis G-Shape Penisula ini menarik karena dapat menciptakan lingkaran ruang homogen yang sempurna. Ketika kegiatan memasak dilakukan di ruang dapur, sekaligus dapat menyambut teman atau keluarga lain yang berada di luar ruang dapur. Dengan konsep dapur jenis G-Shape Penisula yang terbuka ini, kegiatan ini dapat meningkatkan tingkat sosial manusia yang berada di dalam hunian tersebut.

Ketika Anda mendekati ruang dapur, lalu berinteraksi dan mencicipi makanan atau bercakap-cakap dengan keluarga yang sedang melakukan aktifitas di ruang dapur, maka ruangan tersebut akan terasa hangat dan terkesan menjadi lebih hidup. Jika suatu ruangan telah mencapai titik tersebut, maka dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini bisa dianggap telah berhasil.

Dengan sentuhan elemen sederhana seperti bentuk dapur, maka tema atau konsep dapur juga dapat mengikutinya. Baik itu konsep minimalis, konsep klasik, konsep Shabby Chic, dan masih banyak lainnya. Kesemua konsep tersebut dapat diterapkan pada kitchen set jenis G-Shape Penisula dengan rancangan desain yang matang tentunya.

Dalam merancang dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula, sebaiknya Anda perlu mengurangi beberapa elemen yang mencolok seperti hard wood, lantai dengan pola yang rumit, serta kabinet dengan warna yang saling bertabrakan .

Beberapa bentuk kitchen set jenis G-Shape Penisula

Sumber: pinterest.com

Perbedaan diantara kedua jenis kitchen set jenis G-Shape Penisula ini adalah bentuk pintu masuk ke dapur yang lurus serta bentuk yang diagonal

Sumber: pinterest.com

Dalam dapur dengan kitchen set ini, memerlukan setidaknya 10 x 10 ft2 atau sekitar 3 x 3 meter persegi. Namun bagi Anda yang memiliki ruangan yang besar, dapat menyesuaikannya secara fleksibel asal dapat memanfaatkan segitiga dapur secara maksimal.

Kitchen set dapur dengan bentuk G-Shape Penisula dibawah ini memiliki kulkas yang diletakkan pada bagian sudut. Dengan dapur yang seluas ini, kitchen set dengan sudut 45 derajat ini akan membuat ruangan dapur terasa lebih nyaman. Meski begitu, Anda perlu memperhatikan juga bahwa jangan sampai menempatkan kulkas di area sudut jika memiliki ruangan dapur yang kecil. Jangkauan unit yang berada di area kanan kulkas akan membuat area tersebut menjadi lebih efektif.

Sumber: pinterest.com

Jika Anda memiliki keterbatasan ruang dapur untuk menerapkan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat penisula yang sedikit lebih pendek. Pada bagian counternya, Anda dapat menempatkan ketinggian sekitar ¾ bagiannya. Pengaturan ini dapat menggunakan 2 kulkas sekaligus.

Sumber: pinterest.com

Dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini adalah salah satu pilihan yang tepat bila Anda memiliki ruangan yang terbuka maksimal. Jika Anda memiliki ruangan dapur yang cukup, maka Anda dapat memiliki 1,5 kali panjang lebar kichen setnya. Hal ini dapat membuat ruang dapur Anda memiliki area penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan kitchen set bentuk lainnya.

Sumber: pinterest.com

Jika Anda menginginkan ruangan dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula dengan bentuk yang berbeda dari yang lain, maka permainan bentuk miring akan membuat ruangan menjadi lebih sempurna.

Sumber: pinterest.com

Penerapan dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula

Sumber: pinterest.com

Deretan jendela yang besar menjalar ke arah langit-langit ini dapat membuat ruang dapur memiliki pencahayaan yang sempurna. Anda dapat meletakkan meja dapur dengan material kayu yang diberi sentuhan granit, dengan lantai kayu yang menghubungkan antar bentangannya. Disini Anda akan melihat bahwa bukaan jendela dalam bingkai kayu ini akan membuat dapur memiliki kesan yang ringan.

Sumber: pinterest.com

Dalam contoh desain rancangan dapur ini, lantai kayu sangat cocok dipadukan dengan elemen kayu lainnya dari kabinet dalam kitchen setnya. Disini dapur dirancang dengan memadukan meja dengan nuansa gelap, serta menyediakan space untuk kursi ruangnya. Desain kabinet dalam kitchen set jenis G-Shape Penisula dalam rancangan ini sengaja tidak menerus sampai langit-langit. Area yang kosong yang berada di atas kichen set ini dapat digunakan sebagai area untuk meletakkan karya seni yang elegan, seperti aksesoris vintage, tanaman pot, atau bahkan lukisan kecil.

Sumber: pinterest.com

Lemari berwarna putih dalam contoh dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini dipadukan dengan warna kontras daripermukaan granit bewarna hitam. Untuk lantainya, Anda dapat memberikan nuansa kayu agar ruang dapur terlihat lebih ringan. Sedangkan kursi yang berdiri disamping meja ini akan menambah pesona pedesaan dengan bingkai logan serta sentuhan ukiran kayu pada kursinya.

Sumber: pinterest.com

Jika Anda menginginkan ruangan dapur yang mewah, maka Anda dapat memanfaatkan elemen kulit yang dipadukan dengan elemen kayu pada area kursi makan berbentuk bar ini. Lantai kayu dengan perpeduan jendela yang besar akan memberi nuansa yang hangat ke dalam ruangan dapur. Sementara untuk rak atau kabinet yang terbuka ini menawarkan ruangan lebih estetik.

Sumber: pinterest.com

Desain dapur ini akan memberikan nuansa yang mewah jika Anda dapt memberikan elemen kayu alami dengan meja marmer yang tebal. Selain itu Anda juga dapat memberikan lantai ubin dengan warna yang senada. Tidak seperti rancangan dapur dengan kitchen set jeni G-Shape Penisula lainnya, rancangan desain dapur ini memiliki bentuk yang melengkung serta lebar sehingga dapat menampung lebih banyak orang ketika menyantap makanan atau sekedar besantai. Untuk menambah nuansa yang cerah, Anda juga dapat memberikan sentuhan logam ke dalam kursi bar.

Sumber: pinterest.com

Jika Anda memiliki ruangan dapur yang sempit, maka Anda dapat menerapkan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini dengan menerapkan sistem seperti dalam kapal. Meski memiliki ruang yang sempit, kitchen set jenis G-Shape Penisula ini bisa Anda sulap menjadi mewah dengan memberikan elemen granit dan lemari kayu untuk memberikan kesan yang kontras ke dalam ruangan dapurnya. Jika Anda dapat merancang dapur secara serasi, maka ruangan dapur dengan kitchen set jenis G-Shape Penisula ini akan tampak menakjubkan.

Bagaimana, tertarik untuk merancang kitchen set jenis G-Shape Penisula ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis