Edisi #dirumahaja: Makeover Sederhana Kamar Tidur

Bagaimana situasi karantina dan isolasi mandiri #dirumahaja bagi para pembaca sekalian? Sambil berdoa agar situasi pandemi ini segera berlalu, terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu luang dirumah saja baik sendiri ataupun bersama keluarga. Apakah ada dari anda yang sudah mulai bosan dengan desain interior kamar anda yang hanya begitu-begitu saja? mungkin karena selama ini anda lebih sering menghabiskan waktu di kantor atau diluar rumah, anda jadi tidak terlalu memperhatikan. Melakukan perubahan terhadap desain ruangan dapat menjadi relaksasi di masa seperti ini. Makeover yang dimaksud tentu yang tidak ekstrim dan sedikit banyak dapat dilakukan sendiri. Terdapat tips melakukan make-over kamar tidur anda yang dapat anda lakukan sendiri tanpa memerlukan anggaran biaya yang terlalu besar loh. Tujuannya adalah memberikan suasan baru terhadap kamar tidur anda dimana anda menghabiskan hampir seluruh waktu anda disana di masa #stayathome ini.

Beberapa hal utama yang harus diingat saat melakukan makeover dirumah dimasa pembatasan sosial ini adalah:

  1. Mengutamakan menggunakan barang atau material yang sudah ada dirumah (daur ulang, modifikasi, dll)
  2. Mengutamakan pembelian barang, alat atau bahan yang memang harus dibeli melalui transaksi online
  3. Mengerjakan sendiri atau meminta bantuan anggota keluarga

Yuk langsung kita lihat beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai bagian dari makeover ruangan terutama kamar tidur kita.

1. Mengganti Warna Cat

Salah satu yang dapat dilakukan tanpa memerlukan kreatifitas tinggi atau kerumitan bahan adalah mengganti warna cat kamar anda. Anda dapat memiliki suasana yang benar-benar baru saat warna utama dari dinding anda diubah. Warna dinding kamar dapat diganti secara parsial atau keseluruhan. Jika anda menginginkan penggantian secara parsial misalnya, hanya dinding di belakang tempat tidur anda yang di ganti warnanya sebagai aksen yang membuat ruangan tidak membosankan. Selain itu terdapat banyak tutorial mengkreasikan pola warna dan bentuk pada dinding anda, misalnya dengan membuat pola geometris. Anda dapat menggambar pola nya terlebih dahulu di kertas lalu di aplikasikan pada dinding dengan menggunakan masking tape atau selotip kertas sebagai garis pola anda.

2. Wallpaper Aksen

source: muralswallpaper.com

Selain cat, pemasangan wallpaper sebagai aksen disalah satu sudut ruang juga dapar dijadikan pilihan. Pilihlah wallpaper yang dapat dipasang dan dicopot dengan mudah. Seperti misalnya wallpaper yang menggunakan lem yang jika sudah kering dapat mudah dicopot kembali. Pembelian wallpaper juga dapat dilakukan secara online.

3. Knockdown Furniture

source: scotty-doty.com

Untuk anda yang mungkin ingin mengganti perabot anda, menambah rak, meja atau tempat tidur, sebaiknya memesan perabot anda secara online dan memilih tipe knockdown yang dapat anda bongkar pasang sendiri. Hal ini akan lebih memudahkan dalam menyesuaikan dimensi dan proporsi ruang. Perabot yang dapat kita bongkar pasang sendiri ini juga terkadang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan perabot jadi.

4. Mengganti Tirai, Upholstery & Fabric

whitelinen fabric-source: etsy.com

Mengganti bed cover, sprei tempat tidur, sarung bantal dan tirai juga dapat mengubah suasana kamar tidur anda. Anda dapat menyesuaikannya dengan warna dinding aksen anda yang baru. Memilih pola dan warna yang lebih sesuai dengan karakter anda atau gaya desain yang ingin anda eksplorasi. Seimbangkan pola yang ramai dengan pola dan warna solid yang polos.

5. DIY Rak Buku / Rak Dekorasi

alpaca planner source: etsy.com

Terdapat banyak sekali tutorial membuat rak buku sendiri untuk kamar anda dari potongan kayu atau triplek yang bisa dibeli di toko matrial kecil di sekitar rumah anda. Ingatlah untuk mempersiapkan gergaji elektrik, bor dan paku dirumah. Jika membuat rak buku dirasa terlalu besar atau anda tidak mempunyai cukup banyak buku untuk disimpan, membuat rak dekorasi kecil juga dapat menjadi pilihan. Dekorasi misalnya, bingkai foto, pajangan atau mainan miniatur, lampu meja, vas bunga, gelas pajangan dan lainnya.

6. Pot dan Tanaman Gantung

DIY Macrame Source: Popsugar.com

Tanaman dalam pot juga dapat menaikan level estetika kamar tidur anda. Pastikan kamar tidur memiliki jendela untuk memasukan cahaya matahari yang cukup ya. Anda juga sebaiknya memilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari dan air dan yang dapat diletakkan di dalam ruangan. Membuat penggantung tanaman pot sendiri juga menyenangkan. Gunakan kreatifitas anda dan tutorial membuat Macramé dirumah. Jika tidak dapat membuat sendiri, anda juga dapat membelinya melalui toko lokal online terdekat.

7. Lampu Dekorasi dan Pencahayaan Baru

decorative lighting source: myplans.co.za

Memilih beberapa pencahayaan baru bagi kamar tidur anda juga salah satu cara mengubah suasana yang ideal. Selama ini mungkin lampu dan pencahayaan kamar anda belum terdesain dengan baik. Lampu aksen tambahan seperti lampu meja, lampu gantung di area meja rias, lampu sorot pada lemari dan lampu tidur di meja nakas, dan lainnya. Warna cahaya dan bentuk refleksi dapat meningkatkan kualitas estetika ruangan anda.

8. Cat Ulang Pintu dan Kusen Jendela, Mengganti model handle

Hal ini banyak dilupakan saat anda fokus terhadap isi atau interior kamar. Mengubah warna pintu dan kusen jendela dapat memberikan tampilan baru pada kamar tidur anda. Anda dapat menyelaraskannya dengan aksen wallpaper atau warna cat aksen dinding anda. Jika pintu anda kayu yang diekspose anda dapat memulas plitur kayu dengan tone warna kayu yang berbeda, misalnya awalnya warna terang diganti menjadi warna gelap kemerahan. Mengganti model handle pintu juga dapat menjadi salah satu cara. Handle yang lebih  modern dan sesuai dengan desain terbaru kamar tidur anda

9. Parket Lantai atau Karpet Baru

Modern bedroom design source: etsy.com

Melapisi lantai anda dengan parket akan membuat tampilan kamar tidur lebih nyaman dan hangat juga terlihat layaknya didesain oleh seorang professional. Jika eksisting keadaan lantai anda sekarang adalah keramik, anda dapat melapisinya dengan parket yang khusus dibuat dan dapat dipasang diatas lantai keramik. Parket modern sekarang memiliki sistem kunci pada sisinya selayaknya memasang puzzle. Anda tidak memerlukan lem ataupun tambahan semen. Jika parket adalah pilihan yang tidak sesuai dengan anggaran biaya atau anda tidak memiliki cukup waktu mengerjakannya, memasang karpet yang nyaman dan lembut dapat dijadikan pilihan. Jangan lupa untuk rutin membersihkannya dengan vacuum cleaner saat anda sudah menggunakannya setiap hari. Pilih warna karpet yang netral dan hindari warna solid putih atau hitam.

Sekian beberapa tips melakukan makeover kamar yang sekiranya dapat anda lakukan sendiri ataupun dengan bantuan keluarga dirumah tanpa memerlukan profesional ataupun tukang. Sediakan peralatan yang memadai seperti gergaji elektrik, paku, palu, bor, penggaris lantai dan kayu, dan lainnya sebelum melakukan makeover. Jangan lupa untuk menyelubungi perabot anda yang lain saat mengecat kamar. Merapikan dan menyingkirkan barang-barang kecil saat memasang lampu dan tirai juga beberapa persiapan lainnnya.

Selalu menyiapkan terlebih dahulu moodboard sederhana yang berisi palet warna yang anda inginkan sebelum melakukan makeover ruangan. Semoga tips diatas dapat berguna untuk mengisi waktu anda selama dirumah saja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis