Desain Interior Rustic, Tradisional yang Kekinian

Bila dilihat sekilas, gaya Rustic berbeda dengan desain interior lain yang memiliki gaya yang lebih modern. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, banyak tren yang Kembali ke era kuno, dimana material-material kuno banyak digunakan kembali. Unik, kuno, dan memiliki sejarah yang tinggi menjadi salah satu yang diinginkan oleh banyak orang. Maka dari itulah, banyak orang yang kini mulai berlomba-lomba untuk mengembalikan nuansa lama kedalam desain interior rumah mereka. Salah satu yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan gaya Rustic.

Gaya Rustic sudah ada sejak masa Romawi kuno hingga masa Renaisans tepatnya mulai abad ke-18. Gaya ini menerapkan kesan yang alami dan menggunakan material alam yang tidak melalui proses finishing seperti kayu, logam, batu, dan material lain yang dibiarkan alami.  Pada masa itu material alam yang dijadikan fasad ruangan sengaja dibiarkan kasar dan kontras, yang kemudian diaplikasikan oleh beberapa aksesoris ruang sehingga ruangan semakin indah.

Semakin berjalannya waktu, gaya Rustic semakin memunculkan keindahan yang eksotis. Dengan menerapkan unfinished design yaitu dengan mencampurkan material kayu yang kemudian diplester dengan campuran semen dan pasir, maka gaya Rustic ini identik dengan elemen tradisional.

Gaya Rustic memberikan sebuah kombinasi yang sempurna antara kenyamanan sehingga menimbulkan suasana di pedesaan yang hangat. Material otentik dari alam yang dibawakan masuk ke dalam sebuah ruang dengan gaya Rustic dapat berfungsi sebagai pondasi serta sebagai awal ketika akan menciptakan ruangan bernuansa pedesaan. Inovasi dari dekorasi pedesaan yang dibawa masuk dengan menggunakan konsep gaya Rustic akan membawa Anda kedalam ketenangan.

Lalu bagaimana tips dalam mendekorasi desain interior gaya Rustic ini? Berikut ini beberapa tipsnya.

Pemilihan Warna yang Tepat

Ketika sudah mantap memilih gaya Rustic untuk diterapkan kedalam desain interior, maka terlebih dahulu tentukan warna latar untuk ruangan Anda. Untuk gaya Rustic, Anda dapat memilih warna netral. Dengan pemilihan warna netral, maka furniture dengan gaya Rustic ini akan semakin menonjol dan semakin menambah estetika dengan nuansa tradisionalnya.

Jika Anda memberi warna cat putih pada dinding ruang, maka pilihan furniture dengan tekstur dan warna yang alami akan membuat ruangan semakin estetik. Warna putih ini akan menjadikan elemen kayu sebagai titik fokus ruangan Anda. Jika Anda tidak menginginkan warna putih sebagai warna latar dari elemen kayu, maka bisa juga memilih warna-warna netral lain. Namun perlu diingat bahwa untuk menonjolkan elemen kayu, maka Anda bisa memilih warna yang kontras dari kayu tersebut.

Untuk material yang terlihat kusam dan lusuh, Anda tidak perlu khawatir. Pemilihan warna yang kontras tersebut dapat menyatukan elemen yang lusuh tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aksesoris lain untuk menyatukan ruangan.

Padukan dengan Bahan Alami

Material Kayu

Elemen kayu dapat dijadikan sebagai point of view untuk dekorasi ruang Anda baik ruang tamu, ruang tidur, atau ruangan lain yang Anda inginkan untuk mendesain dengan gaya Rustic. Elemen kayu yang dapat diaplikasikan kedalam ruang salah satunya terdapat pada lantai. Anda dapat memilih lantai kayu jenis reclaimed untuk menciptakan suasana Rustic yang sempurna. Namun jika dirasa terlalu mahal, Anda juga dapat menggantinya dengan laminasi dengan efek reclaimed wood flooring.

Untuk aksesoris lainnya, bisa juga menggunakan panel-panel kayu untuk dipasang ke dalam ruangan bergaya Rustic ini. Sebagai tipsnya, Anda dapat menggunakan warna panel kayu yang terang untuk menciptakan nuansa kabin kayu yang ada di hutan. Balok kayu juga dapat Anda terapkan kedalam gaya Rustic untuk menciptakan nuansa yang nyaman.

Material Batu

Material batu dapat diterapkan kedalam ruangan bergaya Rustic. Sebagai penerapannya, Anda bisa memasang lantai batu ke dalam ruangan tersebut. Lantai batu ini akan memberi tampilan yang baik untuk ruang dapur atau kamar mandi yang menerapkan gaya Rustic. Selain alami, material batu ini juga lebih tahan lama bila dalam keadaan lembab seperti kamar mandi. Selain itu lantai batu juga akan memberi perasaan yang hangat dan nyaman.

Untuk ruang lainnya seperti ruang tamu, Anda juga dapat memberikan perapian dengan material batu. Jika Anda tidak menginginkan elemen api kedalam ruang bergaya Rustic, Anda dapat menyiasatinya dengan menciptakan warna api dengan menggunakan lampu bohlam kuning disekitar ruangan. Elemen api ini akan membawa sebuah ruangan bergaya Rustic menjadi hangat dan rukun.

Material Metal

Kuningan, tembaga, serta besi merupakan logam alami yang dapat diaplikasikan ke dalam ruangan yang memiliki gaya Rustic. Logam-logam ini akan memberi tampilan yang elegan ke dalam ruangan Anda. Namun perlu diketahui bahwa material logam tersebut memiliki biaya yang lebih mahal bila dibandingkan dengan material lain seperti kayu dan batu. Namun jika Anda tetap ingin menampilkan kesan logam kedalam ruang bergaya Rustic, maka salah satu caranya dengan memilih material logam imitasi. Versi imitasi ini masih tampak berkelas sehingga Anda tetap bisa memasukkan elemen logam ke dalam gaya Rustic dengan harga yang lebih terjangkau.

Tidak hanya dalam penempatan saja, memasukkan elemen logam kedalam gaya Rustic ini juga bisa diaplikasikan untuk memainkan pencahayaan dalam ruang. Bersama dengan aksesoris perapian, efek cahaya yang direfleksikan ke logam ini akan memberikan sentuhan akhir yang sangat mempesona.

Material Kain

Material kain dapat Anda gunakan kedalam ruangan yang memiliki gaya Rustic. Kain yang dapat diaplikasikan kedalam gaya ini dapat memberikan kesan yang hangat dan dapat membuat ruangan Anda menjadi terlihat lebih menarik. Kain dengan bahan rajut menjadi pilihan terbaik untuk menciptakan nuansa yang nyaman dan santai.

Jika ingin ruangan bergaya Rustic menjadi semakin menarik dan memiliki kesan kemewahan, maka Anda dapat menambahkan jenis kain tebal bermotif sebagai lapisan sofa atau kursi. Selain itu, meletakkan karpet ke dalam ruang tersebut juga akan menambah keindahan dalam ruangan dan dapat memberikan kehangatan.

Jika Anda memakai perapian dalam ruangan ini, maka meletakkan karpet diatas lantai dapat melindungi lantai kayu dari api yang dapat membuat kayu tersebut menjadi gelap bahkan bila dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi hangus. Selain untuk melindungi lantai kayu, karpet ini juga akan memberikan permainan warna ke dalam ruagnan bergaya Rustic ini.

Karena gaya Rustic ini memiliki kesan yang lebih maskulin, Anda tetap bisa menjadikan ruangan tersebut menjadi lebih feminim. Jika Anda ingin memasukkan unsur feminim ke dalam ruangan, maka bisa ditambahkan elemen bunga, baik bunga asli maupun motif-motif bunga sebagai aksesoris ruangannya.

Hindari Garis Lurus ke dalam Ruangan yang Memiliki Gaya Rustic

Nuansa garis lurus kurang cocok diaplikasikan ke dalam gaya Rustic. Karena memiliki konsep alam, maka garis yang memiliki pola organic dan abstrak lebih cocok digunakan ke dalam ruang yang memiliki gaya Rustic. Jika ada material yang cacat misalnya seperti terpotong atau memiliki ketidaksempurnaan bentuk, maka lebih baik tetap dipertahankan karena akan membuat material tersebut menjadi lebih unik.

Pemilihan Furnitur yang Tepat Sasaran

Gaya Rustic selalu memikirkan tentang perpaduan alam. Salah satu yang dapat Anda aplikasikan adalah mencampur secara eklektik atau secara acak namun tetap memikirkan fungsi dan tujuan dari ruangan itu sendiri. Misal Anda dapat meletakkan meja kopi tua yang disampingnya terdapat rak buku tua sebagai pelengkap ruangan. Keduanya akan memberikan ruangan dengan suasana yang saling menyatu.

Campur beberapa perabot tradisional ke dalam satu ruang untuk memberikan kesan bahwa orang yang menempati ruang tersebut seakan sedang berada di masa lalu dengan nuansa yang elegan.

Gunakan Fungsi secara Maksimal

Setiap gaya dalam desain interior memiliki tujuannya masing-masing. Semua elemen yang diletakkan didalam desain interior pasti memiliki alas an. Oleh karena itu dalam mendesain ruangan salah satunya dengan gaya Rustic, jaga supaya ruangan tersebut tetap praktis dan fungsional. Karena jika Anda meletakkan elemen ruang secara berlebihan, maka konsep ruangan dengan gaya Rustic menjadi kurang tercapai karena justru akan menimbulkan kebingungan dalam melihat konsep desainnya.

Dekorasi dalam ruangan bergaya Rustic baik furniture, aksesoris, atau elemen ruang lainnya perlu diperhatikan untuk menampilkan ruangan yang nyaman, elegan, hangat, dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis