Berapa Harga Jasa Interior Profesional?

Di tengah kemajuan teknologi dan komunikasi yang terus berkembang, dewasa kini referensi desain interior yang ideal dan menarik dapat kita temukan baik di internet seperti website, blog juga sosial media seperti instagram. Hal ini membuat standar desain dan selera masyarakat terhadap tren interior menjadi semakin baik. Karena itulah permintaan bagi jasa seorang desainer interior pun semakin tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan bagi proyek rumah atau ruangan yang diselesaikan sendiri atau dengan bantuan desainer interior profesional.

Kelebihan Melibatkan Jasa Interior Profesional

Dengan melibatkan seorang desainer interior sejak awal perencanaan desain membuat desain yang diwujudkan diatur dengan baik sesuai jadwal penyelesaian, menghindari membengkaknya anggaran biaya, transparasi proses konstruksi dan material, mendapatkan gambar dan sketsa bangunan anda dan juga meningkatkan nilai jual bangunan atau properti anda kelak. Namun untuk sebuah hasil pekerjaan yang baik harus ada harga yang kita keluarkan, tidak perlu takut kemahalan karena jasa desainer interior profesional pun sudah memiliki standar sesuai jenis pekerjaan yang kita inginkan. Terutama di kota kota besar seperti Jakarta dan Bandung misalnya. Kita dapat memilih untuk bekerja sama dengan desainer interior independen atau yang berasal dari konsultan atau firma interior. Harganya pun tentu akan berbeda sesuai dengan kekurangan dan kelebihan yang kita dapatkan. Yuk kita pelajari lebih lanjut standar harga jasa seorang desainer interior!

Pertama yang harus kita pahami adalah perbedaan biaya konstruksi dengan biaya desain. Terdapat dua macam jasa yang dapat diberikan seorang desainer profesional, hanya jasa desain yang artinya meliputi gambar dan RAB (rencana anggaran biaya) dan kita perlu mencari sendiri kontraktor atau pembangun yang kita inginkan. Biasanya seorang desainer akan merekomendasikan tukang atau kontraktor yang mereka kenal, namun jika pemilik proyek telah memiliki sendiri kenalan atau pilihan maka suatu hal yang lumrah untuk hanya menggunakan jasa interior desainer untuk gambar desainnya saja. Untuk hanya jasa desain, harga akan dihitung berdasarkan luas bangunan atau ruangan yang didesain. Harga yang berlaku dihitung per m2nya. Secara umum jasa desainer berkisar antara Rp 200.000,- s/d Rp 3.500.000,- per meter persegi. Kisaran ini dipengaruhi oleh portfolio, tingkat kesulitan desain, pengalaman dan apakah desainer sudah memiliki sertifikat atau belum.

Jika kita memilih desainer yang telah memiliki sertifikasi ataupun jika kita memilih melibatkan jasa firma interior biaya desain pasti juga lebih tinggi karena akan terdapat kematangan desain yang sangat mencolok. Selain itu profesional yang sudah memiliki jam terbang atau pengalaman tinggi pasti telah memiliki direktori supplier material, furniture, dan lain lain yang juga lebih lengkap. Karena itu desain mereka pun telah dipikirkan matang- matang sejak masih dalam bentuk gambar 2D dan presentasi 3D. Seperti pertanyaan- pertanyaann apakah model furniture yang dipilih pada gambar ini dijual dipasaran didekat proyek berasal? karena material atau furniture impor pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar. Atau model lampu yang dipilih apakah terdapat versi lokal atau customnya? Mereka pun telah memiliki direktori vendor atau supplier sesuai kelas proyek itu sendiri. Agar dapat disesuaikan dengan budget atau anggaran klien / pemilik proyek.

Namun bukan artinya jasa desainer muda independen seperti fresh graduate yang memutuskan untuk merintis karier profesionalnya sendiri itu tidak berkualitas karena masih awam atau baru. Tentu itu adalah anggapan yang salah. Banyak bakat muda yang memiliki ide yang unik dan tidak konvensional yang dapat membawa elemen baru yang inovatif bagi desain kita. Walaupun mungkin networking terhadap supplier atau vendor masih cenderung kecil, kelebihan dari melibatkan jasa desainer yang masih merintis adalah mendapatkan desain yang lebih revolusioner dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini dapat menjadi pilihan untuk menekan biaya desain klien. Selain itu kita memberi kesempatan untuk tenaga muda merintis dan memantapkan karier mereka dalam dunia desain profesional.

Selain biaya desain saja, harga jasa interior profesional juga bisa dihitung berdasarkan nilai proyek. Jika tadi kita telah mengetahui bahwa harga jasa desainer interior berdasarkan per meter luas bangunan, cara lainnya adalah melalui persen nilai proyek. Biasanya perhitungan ini diajukan apabila desainer juga menawarkan jasa konstruksi. Jadi klien menerima proyek mereka full dan lengkap dari desain hingga konstruksi dan pengawasan lapangan dari desainer tersebut. Kisarannya antara 2% – 5% dari total biaya konstruksi atau total RAB proyek. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk menerapkan cara hitung persen untuk jasa desain saja. Semua tergantung dari jenis proyek dan kesepakatan antara desainer dan klien.

Kitchen Set

Salah satu pekerjaan desain dengan permintaan tinggi adalah desain kitchen set. Banyak proyek desain apartemen atau rumah yang khusus melibatkan jasa desainer professional untuk mendesain kitchen set pada dapur bersih atau pantry mereka. Sarae Interior memiliki perhitungan detail khusus untuk desain kitchen set pada dapur anda, seperti misal Anda memiliki ukuran ruang dapur 2×3 meter dan Anda berencana membuat kitchen set dengan ukuran panjang kitchen set 2 meter, berikut cara menghitung estimasinya:
Kitchen set kabinet bawah: 2m x Rp 2.500.000 = Rp 5.000.000
Kitchen set kabinet atas: 2m x Rp 2.500.000 = Rp 5.000.000
Kompor tanam Modena: Rp 2.525.000
Exhaust Modena: Rp 1.050.000
Backsplash keramik 15×30 cm: 2m x Rp 500.000 = Rp 1.000.000
Top Table Granit Golden Galaxy: 2m x Rp 1.850.000 = Rp 3.700.000
Sanitary standar: Rp 1.925.000
Total Biaya yang harus disiapkan: Rp 20.200.000

Spesifikasi:
100% Plywood
Finishing dalam decco sheet
Finishing luar HPL Taco
Fittings FGV/Hettic
Harga dipengaruhi oleh desain, ukuran & spesifikasi material

 

 

Kesimpulan

Seperti yang telah di jelaskan dengan lebih detail diatas, jasa desainer interior profesional dapat dibagi menjadi dua, jasa desain dan jasa desain plus konstruksi. Harga jasa desainer dapat dibagi juga menjadi 2, berdasarkan luas bangunan atau ruangan yang akan didesain dengan kisaran harga Rp 200.000 – Rp 3.500.000 per m2 ataupun berdasarkan nilai proyek yaitu kisaran 2% hingga 5% total rencana anggaran biaya. Kisaran harga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti portfolio desainer, seperti apakah desainer pernah mengerjakan proyek serupa?, tingkat kesulitan desain seperti misalnya harga desain dengan gaya klasik dan victorian tentu lebih mahal dibandingkan desain gaya minimalis, pengalaman desainer dan juga apakah desainer telah memiliki sertifkasi atau belum. Saat melibatkan jasa desainer profesional yang kita dapatkan adalah gambar 2D yaitu denah, tampak dan potongan juga detail finishing interior, gambar 3D perspektif ruang, rencana anggaran biaya, dan spesikifasi material yang berisi kode material, lokasi toko atau brand-nya. Tentu akan memudahkan proses pengerjaan konstruksi. Melibatkan seorang desainer dapat membantu anda menemukan gambaran nyata dari desain yang mungkin masih ada di imajinasi anda. Membuat jadwal proyek lebih efektif karena memiliki timeline yang jelas, merancang desain sesuai budget juga meningkatkan harga jual properti anda kedepannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis