7 Model Kitchen Set dalam Dapur Minimalis

“Cooking is one of the strongest ceremonies for life” Kutipan dari Laura Esquivel seorang novelist Amerika dalam salah satu bukunya. Yang memiliki makna bahwa memasak adalah salah satu perayaan terkuat dalam kehidupan. Memasak atau membuat suatu hidangan menjadi salah satu ritual penting yang terjadi dalam hunian. Karena itu penting untuk memiliki dapur yang nyaman, fungsional dan juga tampak estetis. Dalam sebuah hunian yang lebih besar terkadang dapur terbagi menjadi dapur kotor dan pantry atau dapur bersih yang langsung berada dekat dengan ruang makan. Dapur terdiri dari cabinet dan laci penyimpanan yang kita sebut kitchen set, area kerja, yaitu tempat memotong atau memproses bahan makanan, sink dan kompor yang berdekatan dengan peralatan memasak dan tentunya kulkas atau dispenser.

Dewasa kini, gaya dapur minimalis banyak digemari. Desain yang tidak rumit dan sederhana membuat dapur minimalis terlihat bersih dan rapi juga terorganisir dengan baik. Berikut adalah beberapa model kitchen set dan dapur minimalis yang dapat dijadikan referensi saat anda melakukan renovasi desain interior dapur anda.

1. Straight Kitchen with an Island

Model kitchen set dengan kabinet yang dibuat full setinggi dinding ruangan merupakan salah satu modek kitchen set yang minimalis dan digemari masyarakat modern terutama untuk rumah dengan tinggi langit-langit 2.5 -2.8 m yang tetap memungkinkan untuk cabinet paling atas diraih oleh penghuninya. Model seperti ini juga membuat maksimal penyimpanan peralatan dapur dan bumbu masakan. Semua tersimpan rapi didalam cabinet dan tidak tercecer. Menggunakan material marble white cararra atau statuario yang dikombinasikan dengan kayu warna cerah dan aksen gold finish pada lampu atau furnitureya membuat tampilan dapur minimalis ini terlihat lebih canggih dan tidak pucat. Model kitchen set ini disebut sebagai model. straight kitchen yaitu model meja kompor dan sink hanya di satu sisi dinding dengan tambahan meja island ditengah ruang dapur yang difungsikan juga sebagai meja bar.

2. L-Shaped Kitchen with Marble Backsplash

Kesatuan dan harmonisnya penggunaan material merupakan aspek penting dalam mendesain interior dapur minimalis. Permainan finishing pintu kabinet dengan warna polos seperti putih atau abu-abu terlihat manis dipadukan dengan kayu berurat pada kabinet gantung dan top table nya. Model kitchen set L-shaped ini merupakan salah satu model yang banya digunakan untuk hunian yang cederung lebih sempit. Terletak disudut dapur minimalis ini dapat berfungsi dengan maksimal tanpa perlu membuang ruang percuma. Backsplash marble putih dengan LED indirect lamp pada bagian belakang kabinet yang cahayanya jatuh pada permukaan  urat abu memberi kesan kontemporer yang dinamis. Membuat keseluruhan desain dapur tidak pucat dan elegan. 

3. Kitchen Set Tanpa Top Cabinet

Bagi anda yang menggemari kitchen set yang sederhana tanpa banyak kabinet di dinding model seperti ini dapat menjadi pilihan. Mungkin peralatan yang perlu disimpan tidak terlalu banyak sehingga jumlah kabinet yang berlebihan tidak diperlukan. Kabinet dan laci di bawah pun didesain dengan simple tanpa handle dan frame pintu. Terlihat bersih dan ideal bagi dapur minimalis. Alih- alih cabinet dinding, lampu sebagai aksen juga penambah sumber cahaya pada dinding kitchen set adalah ide yang menarik. Warna kayu mahogani gelap terlihat serasi berdampingan dengan meja island dari semen yang di poles dalam bentuk yang masif dan sederhana. Berdiri diatas lantai kayu herringbone yang terlihat rustic dan kokoh.

4. Straight Kitchen Set with Water Dispense and Oven

Kitchen set terkadang bukan hanya terdiri dari sink, kompor dan area kerja. Beberapa desain lainnya juga menyertakan kabinet tempat dispenser air dan oven. Dalam mendesain dapur seperti ini penting dipertimbangkan ukuran bersih masing- masing peralatan masak seperti oven, dispenser atau kulkas yang akan dibungkus di dalam kabinet. Agar tidak terjadi terbuangnya material dan mencapai waktu pengerjaan yang lebih efisien. Finishing cat putih lacquer yang tinggi tingkat kilaunya membuat desain dapur terlihat lebih elegan dan bersih. Selain sebagai backsplash, marble putih dengan tekstur berurat abu seperti ini juga dapat langsung diteruskan menjadi top table yang menciptakan kesatuan desain yang lebih matang. Aksen bronze pada handle pintu kabinet, kran sink dan aksesoris lainnya membuat desain dapur minimalis ini terlihat lebih hidup.

5. Straight Kitchen Set, Rack, and Island Table

 Tone warna yang hangat seperti beige, creame, coklat dan off white juga ideal untuk mencapai desain dapur minimalis yang terasa homie. Terbuka menuju ruang makan, desain seperti ini pasti akan membuat keluarga nyaman berkumpul dan makan bersama. Model kitchen set tanpa kabinet atas dan menggantinya dengan rak sederhana dipasang kurang lebih 50cm diatas backsplash sepanjang area kerja dan memasak. Sebuah island yang terdiri dari sink dan rak bawah untuk menyimpan beberapa peralatan memasak dan piring juga mangkuk sebagai tambahan kapasitas penyimpanan dapur anda. Jendela yang tepat berada sejajar dengan kitchen set membuat cahaya alami masuk dan membuat dapur tidak lembap juga terlihat terang dan bersih.

6. U-Shaped Scandinavian Kitchen Set

Model kitchen set selayaknya huruf U ini biasanya paling ideal untuk penghuni yang memiliki hobi memasak atau bahkan sering memasak untuk dijual dan dikirim sebagai penghasilan tambahan, atau bisa saja sebagai rumah yang selalu dikunjungi saat acara keluarga. U-shape kitchen merupakan desain dapur yang memungkinkan kapasitas peralatan masak dan bumbu masak yang lebih besar. Dapat terlihat kabinet didinding, dibawah, beberapa laci dengan berbagai ukuran sesuai peralatan apa yang akan disimpan disana. Area kerja yang menghadap langsung ke jendela dan cahaya alami membuat penerangan akan dapur maksimal tanpa perlu lampu tambahan dan dekorasi pada siang hari. Cahaya alami juga menjaga agar dapur tidak bau dan lembap. Gaya desain scandinavia yang diterapkan terlihat dari pemilihan warna putih bagi top table dan backsplash dapur. Kontras dengan finishing cat kabinet warna hijau keabuan dan lantai parket kayu yang terlihat nyata uratnya yang senada dengan kuda-kuda ekspos pada langit-langit dapur

7. Parallel Kitchen Set

Untuk dapur yang memiliki yang terletak didalam ruangan yang memiliki pintu atau berada dalam area tertutup, pengaturan kitchen set dengan bentuk parallel ini biasanya banyak diterapkan. Desain yang cocok untuk dapur yang berada di belakang rumah dengan akses pintu khusus langsung dari teras atau area parkir mobil. Parallel kitchen terdiri dari dua kitchen set yang berhadapan dipisahkan sebuah sirkulasi seperti lorong dengan lebar minimal 80-100cm. Bentuk dapur seperti membuat gerak gerik dan aktifitas masak menjadi lebih efisien. Memasang sebuah kipas sebagai bantuan pergerakan udara adalah ide yang dapat diambil untuk membuat sirkulasi udara selalu baik pada saat beraktifitas di dapur. Biasanya parallel kitchen set memiliki ukuran dan desain yang hampir simetrikal pada sisi kanan dan kirinya sebagai salah bentuk pencapaian desain dapur yang lebih holistik dan terorganisir.

Demikian beberapa contoh model kitchen set yang berbeda- beda sesuai dengan bentuk pengaturan meja, kabinet, rak dan elemn lainnya. Semoga beberapa model ini dapat membantuk anda untuk memilih model yang paling tepat bagi anda sesuai dengan preferensi memasak, ukuran ruang dapur dalam rumah anda, budget dan style yang anda sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis