6 Tips Mendekorasi Rumah Sederhana Agar Makin Estetik

Menciptakan atmosfer rumah yang nyaman bisa melalui penerapan dekorasi yang tepat. Namun, bagaimana bila ukuran rumahnya minimalis atau sederhana? Apakah bisa didekor agar semakin nyaman dan estetik? Tentu saja bisa.

Kamu yang memiliki rumah sederhana, tidak perlu khawatir. Sarae punya beberapa tips dekorasi dari yang bisa kamu terapkan tanpa perlu bantuan designer. Simak yuk!

1. Ruangan Makin Cantik dengan Warna Dinding yang Tepat

Pertama, kita mulai dari mewarnai dinding rumah ya. Beberapa warna biasanya bisa memberikan kesan tersendiri. Misal, warna pastel yang terkesan lebih hangat dan girly, ada juga warna-warna earth tone seperti coklat, cream, dan lainnya.

Sumber gambar: pinterest

Untuk rumah sederhana atau minimalis yang ingin membuat rumah terkesan lebih hangat dan luas, gunakanlah warna netral; putih, cream, dll. Bila ingin mengkombinasikan warna, maksimal 2 warna saja ya agar tidak terkesan sumpek.

2. Furniture Minimalis Fungsional, Maksimalkan Fungsi dan Dekorasi

Saat kita tinggal di sebuah rumah, biarpun minimalist, kita tentu membutuhkan furniture. Beberapa furniture utama yang dibutuhkan seperti lemari untuk menyimpan pakaian, credenza untuk menyimpan beberapa barang, tempat tidur untuk tidur, dan lainnya. Setiap orang tentu akan berbeda kebutuhan.

Sumber gambar: https://www.instyle.com/

Nah, untuk rumah minimalis, sarae sangat menyarankan pilihlah furniture minimalis multifungsi artinya bukan sekedar ukuran yang kecil namun bisa memenuhi kebutuhanmu secara maksimal. Selain itu, sebaiknya kamu juga pilih furniture yang berkaki jenjang atau agak tinggi. Ini bisa memberikan kesan lebih luas pada tiap ruangan di rumah.

Sumber gambar: https://www.oakfurnitureland.co.uk/

3. Tata Letak Furniture, Agar Tidak Semakin Sempit dan Dekoratif

Tata letak furniture juga bisa mempengaruhi pada luas ruangan dan kesan dekoratif yang ingin diciptakan. Memilih storage dengan design unik namun tetap menyesuaikan dengan ukuran ruang tentu bisa membuat suasana semakin ekspresif.

Sumber gambar: https://www.madaboutthehouse.com/

Misalnya saja seperti storage pada gambar. Berbentuk unik, dengan pintu transparan, bagian atasnya ada space untuk menyimpan beberapa karya seni atau bisa juga untuk buku-buku. Bagian kakinya pun agak tinggi, sehingga masih bisa menciptakan kesan luas pada ruangan.

4. Sentuhan Dekorasi Karya Seni

Sentuhan dekorasi karya seni seperti lukisan bisa membuat rumah mu menjadi lebih hidup dan artistic.

Sumber gambar: arti.id

Sesuaikan tema lukisan dengan tema dekorasi mu. Bila ingin terkesan lebih natural, kamu bisa menggantungkan lukisan bertema alam. Atau bila ingin lebih artistic, bisa menggantungkan beberapa lukisan abstrak. Kalau warna dinding mu polos, bisa menggunakan lukisan yang colorfull agar suasana ruangan lebih hidup.

5. Atur Pencahayaan

Elemen penting lain yang harus diperhatikan adalah pencahayaan. Saat kamu ingin merancang sistem pencahayaan, tentu tidak bisa sembarangan dilakukan ya. Karena selain fungsi, pencahayaan di rumah bisa memberikan efek yang lebih dramatis. Bisa juga mempengaruhi pada mood atau suasana hati.

Sumber gambar: emporioarchitect.com

Bila kamu berniat menggunakan cukup banyak lampu, cobalah untuk memvariasikan ukuran, warna dan bentuknya. Sehingga sistem pencahayaan bisa tercipta dengan baik di dalam rumah.

6. Penerapan Gorden dan Karpet

Terakhir adalah gorden dan karpet, bisa menciptakan suasana berbeda apabila pemilihannya tepat.

Sumber gambar: homelava.com

Bahkan, mendekorasi ruangan dengan karpet juga memiliki fungsi ganda. Selain bisa menutup lantai agar tidak kotor, bisa juga menambah pola pada bagian lantainya. Kamu bisa memiliki model karpet yang sesuai dengan warna dominan dekorasi rumah.

Nah, itulah beberapa tips dekorasi untuk rumah sederhana dari Sarae. Buatlah rumah senyaman mungkin, karena bagaimanapun rumahmu adalah tempat pulang. Semakin nyaman tentu kamu akan semakin ingin pulang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis