5 Set pada Film sebagai Inspirasi Desain Interior

Sebuah film yang berkualitas memiliki banyak sekali aspek yang membentuknya, selain plot cerita, kualitas sinematografi, kelihaian aktor atau aktris bermain peran, dan lainnya. Salah satu aspek penting adalah set desain atau desain interior dimana adegan diambil dalam pembuatan sebuah film. Pengaturan desain interior dalam industri film ini bahkan memiliki desainer interior khusus atau yang disebut sebagai art director atau set designer. Interior sebuah rumah atau kamar harus dapat menyesuaikan karakter peran utama dalam film tersebut, sesuai dengan karakter lini waktu, lokasi dan lainnya sehingga nampak nyata dan meyakinkan. Misalnya film yang menceritakan tentang keluarga pada di Prancis pada tahun 1950, elemen interior dan dekorasi yang digunakan pun harus menyesuaikan dengan lini waktu 1950 dan ciri khas negeri eropa terutama Prancis. Dan banyak contoh lainnya, misalnya set interior ruang tamu seoarang fisikawan dalam film The Big Bang Theory yang memiliki banyak dekorasi yang berhubungan dengan quantum fisika, buku – buku dengan judul berkaitan dengan ilmu tersebut. Beberapa film box office lainnya juga memiliki kualitas desain interior yang menarik dengan gaya, warna juga dekorasi yang unik sesuai dengan karakter pemeran dalam film tersebut.

Berikut adalah 5 film hollywood yang memiliki desain interior yang dapat dijadikan inspirasi desain rumah atau kamar anda!

American Classic dalam Little Women

Film yang rilis pada tahun 2019 yang berjudul Little Women karya sutradara Greta Gerwig ini merupakan salah satu film yang desain set interior, arsitektur dan bahkan desain keseluruhan kota yang sangat ideal menggambarkan suasana kota dan rumah di daerah Concord, Massachuttes, Amerika pada abad ke-19. Interior ruang belajar Theodore Laurence di gambar diatas ini adalah contoh desain interior dengan gaya American Classic yang kental namun dengan sentuhan material kayu antik untuk memberi kesan hangat namun tetap mewah dengan kornis dan architrave yang khas. Ruangan dibuat sangat tinggi untuk menonjolkan kesan megah dan mencerminkan keluarga bangsawan yang terpandang. Warna fabric biru memberikan aksen dingin untuk menyeimbangkan kesan hangat dari kayu yang dominan.

Ruang antechamber atau ruang transisi dari pintu masuk menuju ruang – ruang lain seperti pada gambar diatas ini, memiliki warna general putih dan architrave yang jauh lebih rumit dibandingkan ruang belajar tadi. Terdapat tambahan ukiran yang artistik pada kolom-kolom utama dan juga railing rangga yang terlihat kokoh dan estetik. Perpaduan warna general putih dengan material kayu antik dengan urat yang kemerahan dan carpet merah tangga memberikan kombinasi yang spektakuler namun tetap elegan.

Cubism yang Minimal pada set Parasite

Film karya sutradara Boong Joong Ho ini memang baru saja naik daun tidak hanya di negeri asalnya, Korea Selatan namun juga di internasional. Meraih banyak penghargaan pada banyak festival bergengsi seperti Oscar, Cannes Festival di Amerika juga beberapa ajang di eropa. Film yang menjadi kritik kesenjangan sosial ini membuat desain rumah yang digunakan saat pengambilan gambar sangat penting. Arsitektur rumah ini bahkan menjadi bagian inti cerita Parasite. Jikalau desain set film Little Women tadi memiliki banyak elemen lengkung dan mengesankan ciri feminim yang kuat, kebalikannya, film parasite ini memiliki desain interior yang minimal dan maskulin. Bentuk arsitektur rumah ini sendiri tersusun dari bentuk kubus dan sudut yang tegas. Gambar diatas adalah ruang tamu dengan bukaan kaca clear dan full kearah taman yang terawat rapi.

Desain minimalis dan modern namun pemilihan warna dan dekorasi yang memilki karakter lokal Korea yang khas. Jika dilihat sekilas desain yang maskulin ini memiliki aksen yang terasa hangat yang ditimbulkan dari hidden light warna orange yang berpendar pada permukaan material warna abu – abu yang di finish dove. Bentuk furniture dan lampu juga terdiri dari geometri yang sederhana dan tegas sesuai dengan tema keseluruhan rumah.

Classic Contemporary dalam Mini Series, Succession

Sebuah mini seri yang tayang di channel HBO ini merupakan salah satu series yang memiliki rating tinggi untuk kualitas plot ceritannya. Serial genre comedy satir ini memiliki set design interior yang juga dapat menjadi inspirasi anda. Ruangan yang cukup tinggi dengan banyak fixture klasik pada jendela dan pintu juga dinding dipadukan dengan perabot seperti meja, sofa dan kursi dan juga meja samping dengan gaya kontemporer. Built-in rak buku sebagai tempat penyimpanan buku dan dekorasi pada ruangan.

Antique Decoration dalam film The Goldfinch

Film The Goldfinch yang diangkat dari buku dengan judul yang sama karya Donna Tart ini memiliki set interior yang membangun mood cerita sesuai dengan suasana dramatis yang ingin dihidupkan dalam cerita ini. Dekorasi antik yang bertaburan pada interior set film The Goldfinch ini dibuat sedemikian rupa agar terlihat cantik namun penuh misteri dan kesedihan seperti lukisan dalam frame yang dipasang sebagai dekorasi yang terkesan tua dan penuh misteri. Wallpaper bunga warna putih dan dasar biru muda membawa kesan feminim pada ruangan dan membuat ruang terasa sejuk dan terang karena warnanya yang cerah. Lampu dengan corak yang ramai menambah kesan feminim yang lebih kuat lagi.

Desain Futuristik Uncontrollably Fond

Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa beberapa drama korea terbaru pada layar kaca kerap kali mengambil set pengambilan gambar pada rumah yang mewah dan super besar. Seperti pada drama seri tahun 2016 yang disiarkan pada KBS TV ini. Drama yang diperankan oleh beberapa aktor dan aktris favorite seperti Kim Woo Bin dan Suzy ini mengambil set gambar salah satunya pada sebuah rumah besar dengan material batu pualam putih yang dominan berpadu dengan parket lantai kayu. Bentuk arsitektural yang progresif pada rumah ini tercermin pula ke dalam interiornya. Lampu besar di tengah ruang terletak diatas dengan ketinggian melebihi skala manusia yang sekitar 2.5 – 3.5 m karena itu model yang mencolok dan organic menjadi statement ruang dan terlihat menyesuaikan dengan baik dengan ruangan yang besar.

Furniture serba putih dengan garis lekuk yang mengalir memberikan kesan futuristik yang kental. Lantai batu putih dengan urat abu yang terlihat berkilau tanpa sekat membuat tampilan rumah semakin mewah dan mahal. Warna putih memang warna elegan yang aman digunakan dalam eksplorasi desain dengan gaya apapun. Pastikan untuk memilih material yang tanpa tekstur sehingga tidak sulit dibersihkan. Agar tidak terlihat pucat, padukan dengan karpet warna gelap ataupun kayu gelap pada bagian perabot lain sehingga menampilkan kesatuan desain yang lebih harmonis.

Pastinya masih banyak lagi inspirasi interior yang dapat kita temukan pada set film – film favorit dari mulai film hollywood, film serial atau bahkan drama korea yang anda sukai. Proses mendesain interior set sebuah film mirip dengan proses mendesain rumah atau kamar anda, karena disesuaikan dengan karakter anda sebagai penghuni, warna dan dekorasi kesukaan anda. Mulailah mencatat dan memperhatikan keseluruhan set film yang anda sukai, pastinya lebih banyak inspirasi ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis